Rundungan Zulkifli dan ironi pidato Megawati

Zulkifli Hasan hadir di perayaan hari jadi PDI-P selaku Ketua MPR RI.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri (kedua kanan) bersama Presiden Joko Widodo (kanan) menyapa tamu dan undangan dalam peringatan HUT PDI Perjuangan ke-46 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/1). Foto Antara.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan bisa jadi merupakan satu-satunya tokoh dari kubu Prabowo-Sandi yang hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan perayaan hari jadi PDI-Perjuangan ke-46 di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/1) petang itu. 

Duduk di antara ribuan kader PDI-P yang juga para pendukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019, Zulkifli pastinya tak betah. Apalagi, saat nama Zulkifli Hasan disebutkan, ribuan hadirin yang memadati ruang acara kontan langsung menyorakinya.

Cemooh massal itu berawal dari sambutan hangat Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Saat 'menguasai' panggung, Megawati mengabsen satu per satu tamu yang hadir. 

Megawati memulai dari nama orang nomor satu di Indonesia Jokowi sebelum berlanjut ke Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI ke-sembilan Hamzah Haz dan calon wakil presiden Ma'ruf Amin. 

Bagi Megawati, menyambut tamu seperti itu hanya rutinitas. Tak ada sorakan atau tepuk tangan berlebihan dari audiens.