Saat Jokowi dan Prabowo berebut para pendakwah viral

Jokowi mendapatkan dukungan dari Yusuf Mansur, sedangkan Prabowo menggandeng Ustaz Abdul Somad.

Ustad Abdul Somad (UAS) memberikan tausyiah pada tabligh akbar di Pondok Pesantren Serambi Aceh Desa Meunasah Rayeuk, Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Jumat (8/3). /Antara Foto

Di sela-sela kesibukannya berkampanye, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyempatkan diri 'beralih profesi' menjadi pemandu acara bincang-bincang. Terekam dalam salah satu siaran di stasiun TV One, Prabowo tampak mewawancarai penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS). 

Berbalut seragam safari khasnya, Prabowo tampak berdialog hangat dengan UAS dalam siaran berdurasi sekitar 10 menit yang ditayangkan pada Kamis (11/4) lalu itu. Tema yang diangkat masih seputar kontestasi elektoral Pilpres 2019. 

Mengawali perbincangan, Prabowo menanyakan apa yang dilihat dan dirasakan UAS saat berkeliling ke seluruh Indonesia untuk berceramah. "Ustaz sudah banyak keliling Indonesia. Apa yang ustaz lihat selama keliling Indonesia akhir-akhir ini?" tanya Prabowo.

UAS kemudian menceritakan bahwa hampir di setiap kegiatan ceramah di berbagai daerah, ia melihat dukungan besar bagi Prabowo-Sandi. Hal itu terlihat dari gestur 2 jari yang kerap ditampilkan warga yang datang ke acara ceramahnya. 

"Begitu saya naik ke atas (panggung). Ustaz! Ah, kalian kan punya jari sepuluh, kenapa cuma acungkan dua jari?" ujar UAZ sambil menirukan simbol dua jari menyerupai pistol khas pendukung Prabowo-Sandi.