Survei: Partai baru belum mampu lewati ambang batas parlemen

Perindo merupakan salah satu partai baru yang paling berpotensi lolos ke Senayan.

Warga melintas di depan mural bergambar partai politik peserta Pemilu 2019 di Kelurahan Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/2/2019). Antara Foto

Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil survei nasional terkait elektabilitas partai politik pada Pemilu 2019. Hasil survei tersebut mengungkap, hanya 9 dari 16 partai politik yang dinyatakan berpotensi lolos dan sukses melampaui ambang batas parlemen atau parliamentary threshold 4%.

PDI Perjuangan merupakan partai yang memperoleh elektabilitas tertinggi yakni 26,5%. Disusul Partai Gerindra yang menempati posisi kedua dengan tingkat elektabilitas 14,2%. Berikutnya, Partai Golkar di posisi ketiga dengan perolehan elektabilitas 10,6%.

Di posisi empat ada PKB dengan torehan 8,4%. Kelima, Partai Demokrat 6,7%. Keenam, Partai Nasdem 5,5%. Ketujuh, PKS 4,9%, PAN 4,5%, dan terakhir PPP 4,1%.

"Kemungkinan hanya 9 partai di atas yang berpotensi sukses dan lolos melampaui ambang batas perolehan suara minimal partai politik dalam pemilu untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi di DPR RI (parliamentry threshold)," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago berdasarkan keterangan resmi yang diterima di Jakarta pada Senin, (11/3).

Sementara itu, 7 parpol sisanya kemungkinan gagal melewati ambang batas parlemen. Itu di antaranya 3 partai lama dan 4 partai baru yang kemungkinan tidak lolos. Dari hasil survei itu, Partai Perindo hanya memperoleh angka sebesar 3,5%. Lalu, Partai Hanura 1,1%. Selanjutnya PBB 0,8%, Partai Berkarya 0,7%, PSI 0,5%, PKPI 0,4%, dan Garuda 0,3%.