Bawaslu sosialisasi pileg di rumah SBY

Sosialisasi dilakukan di depan kader Partai Demokrat terkait calon anggota legistatif dan mengusung kampanye yang damai.

Sosialisasi Bawaslu RI ke kediaman SBY, Jakarta Selatan, selasa (10/7). Bawaslu RI

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kembali melakukan sosialisasi pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD. Kali ini, Bawaslu melakukan sosialisasi ke Partai Demokrat, agak berbeda dari sosialisasi sebelumnya, Bawaslu menyambanginya rumah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhyono (SBY). 

Dalam sosialisasi tersebut, tim Bawaslu RI diterima secara langsung oleh SBY didampingi Sekretaris DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan. Plus, putra kedua SBY yakni Edi Baskoro Yudhoyono.  

Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan sosialisasi ini dilakukan dalam rangka pengawasan khususnya dalam memasuki tahapan pencalonan anggota calon legislatif. Salah satu sosialisi yang dilakukan Bawaslu adalah menyampaikan fakta integritas kepada kader Demokrat. 

"Harapan kami Partai Demokrat mengusung politisi bersih yang amanat, membawa kesejahteraan pada bangsa Indonesia ini," tukas Abhan usai melakukan pertemuan tertutup di kediaman SBY, Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan pada selasa (10/7).

Ada beberapa pakta integritas yang ditandatangani oleh Partai Demokrat, salah satu isinya tidak mengusung atau mencalonkan narapidana (napi) koruptor, teroris, narkoba dan kejahatan seksual. Selain juga komitmen menolak politik uang dan mahar politik.