Dukung Jokowi 3 periode, kepala desa jadi korban politik

Apdesi berencana mendeklarasikan dukungan agar Jokowi menjabat tiga periode.

Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam acara Silatnas Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di Istora Senayan, Jakarta, pada Selasa (29/3/2022). Twitter/@jokowi

Usai mendengar sederetan janji-janji politik Presiden Joko Widodo (Jokowi), kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) berencana mendeklarasikan dukungan agar Jokowi menjabat tiga periode. Rencananya, deklarasi digelar setelah Lebaran tahun ini.

Sejatinya, rencana deklarasi tersebut akan dilangsungkan saat Jokowi membuka Silaturahmi Apdesi di Istora Senayan, Jakarta, pada Selasa (29/3). Namun, urung dilaksanakan karena ditentang sejumlah pihak.

Analis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, berpendapat, ide mendapatkan dukungan kepala desa muncul karena Jokowi gagal mendapat dukungan di tingkat elite politik.

"Ini hanya bagian dari membangun opini saja karena dukungan Jokowi gagal di tingkat elite. Jadi, [Jokowi mencari dukungan dari] kepala desa yang enggak paham demokrasi, enggak paham mereka melanggar konstitusi," ujarnya kepada Alinea.id.

"Sebenarnya kasihan, mereka korban dari ambisi syahwat politik jahat ini," imbuh Ipang, sapaannya.