Elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies dalam setahun terakhir, siapa unggul?

Abbas menjelaskan, survei SMRC kali ini mencoba melihat peluang tokoh-tokoh bukan pemimpin partai politik.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subinato. Istimewa

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, elektabilitas tiga figur teratas yang digadang-gadang sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mengalami perubahan dalam setahun terakhir.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, misalnya, disebut naik dan menguat dalam 12 bulan belakangan. Sementara itu, tingkat keterpilihan Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, cenderung melemah.

Hal tersebut, terang Direktur Eksekuti SMRC, Sirojudin Abbas, menunjukkan peluang calon nonpartai politik, khususnya ketua umum, semakin besar. Padahal, butuh dukungan partai untuk dapat maju sebagai pasangan capres dan calon wakil presiden (cawapres) pada pemilu.

"Kita memahami bahwa yang bisa menjadi calon presiden itu harus memproleh dukungan dari partai politik. Maka, kita harus mengamati tokoh-tokoh inti dari parpol," ucapnya saat memaparkan hasil surveinya via kanal YouTube SMRC TV, Kamis (7/4).

"Tapi, dari pengalaman, ternyata tidak hanya ketua umum partai yang bisa maju capres. Pada 2014 lalu, Pak Jokowi bukan ketua umum partai bisa dicalonkan dan menang," imbuhnya.