Fadli Zon ungkap Gerindra dorong Pilkada tidak langsung

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengungkapkan partainya sejak lama mendukung pemilihan kepala daerah oleh DPRD.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengungkapkan partainya sejak lama mendukung pemilihan kepala daerah oleh DPRD. / Facebook Fadli Zon

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Gerindra Fadli Zon menyetujui adanya evaluasi terhadap sistem Pilkada langsung. Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerinda itu menyebut partainya sejak lama sudah menginginkan adanya perubahan Undang-undang Pilkada untuk mengubah mekanisme dari langsung menjadi tak langsung.

"Dulu kami dalam posisi tidak langsung, tapi dikalahkan ketika ambil voting terkait perubahan UU Pilkada," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/11).

Menurut Fadli, fraksinya belum memiliki keputusan apakah tetap mempertahankan Pilkada langsung atau kembali memperjuangan mekanisme tak langsung.

"Kami kaji lagi, tapi sudah banyak keterlanjuran. Saya kira masih banyak masyarakat yang menginginkan keterlibatan aktif di dalam Pilkada. Nanti kita lihat lah sejauh mana," ujarnya.

Rekan satu fraksi Fadli dari Komisi I DPR, Kamrussamad juga berpendapat yang sama. Dia menyetujui wacana evaluasi Pilkada langsung.