Hanya 6 partai yang diprediksi lolos ke Senayan

PKS, PAN, Nasdem, dan Hanura diprediksi tak akan lolos ke Senayan dalam Pemilu Legislatif 2019.

Hasil survei LIPI menunjukkan hanya dua partai yang perolehan suara di atas 10% yaitu PDI Perjuangan diurutan pertama dengan 24,1%, lalu Partai Golkar memperoleh 10,2%, sedangkan Partai Gerindra memperoleh 9,1%. / Antara Foto

PKS, PAN, Nasdem, dan Hanura diprediksi tak akan lolos ke Senayan dalam Pemilu Legislatif 2019.

Survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memprediksi hanya enam partai politik yang lolos ambang batas parlemen atau parlementary treshold di Pemilu 2019. Namun, apapun bisa terjadi karena masih ada 26,1% responden memilih tidak menjawab.

"Survei kami menunjukkan hanya enam parpol yang mencapai ambang batas parlemen di atas 4%, karena ketentuan Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyebutkan seperti itu," kata peneliti senior LIPI Syamsuddin Haris dalam pemaparan survei bertajuk Partisipasi Politik, Kepemimpinan Nasional, dan Masa Depan Demokrasi, di Jakarta, Kamis (19/7).

Dia menjelaskan hasil survei LIPI menunjukkan hanya dua partai yang perolehan suara di atas 10% yaitu PDI Perjuangan diurutan pertama dengan 24,1%, lalu Partai Golkar memperoleh 10,2%, sedangkan Partai Gerindra memperoleh 9,1%. Selanjutnya, PKB memperoleh 6%, PPP 4,9%, dan Partai Demokrat 4,4%.

Sementara itu partai-partai yang saat ini ada di parlemen, namun diprediksi tidak lolos di Pemilu 2019 antara lain PKS (3,7%), PAN (2,3%), Partai Nasdem (2,1%), dan Partai Hanura (1,2%).