Haruskah kepala negara punya keluarga harmonis?

Joko Widodo kerap ditampilkan sebagai seorang pemimpin yang punya keluarga harmonis. Kondisi yang terlihat berbeda dengan Prabowo Subianto.

Joko Widodo bersama cucunya, Jan Ethes. /facebook.com/Jokowi.

Dalam beberapa kesempatan, calon presiden petahana Joko Widodo kerap menggambarkan dirinya bersama keluarga besar yang harmonis. Misalnya saja ketika keluarga besar presiden ke-7 Indonesia itu berjalan-jalan santai di Kebun Raya Bogor bersama istri, anak-anak, dan cucunya pada akhir 2018 lalu. Kehangatan keluarga Jokowi pun pernah ditampilkan di beberapa acara televisi.

Jokowi pun sering muncul bersama cucunya, Jan Ethes—anak dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda—dalam beberapa kesempatan.

Para pendukung calon presiden nomor urut 01 ini pun kerap menyinggung keterkaitan keluarga dan seorang pemimpin. Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Erick Thohir pernah menyinggung bila Jokowi adalah sosok pemimpin, bapak, dan suami yang baik.

Hal itu ia ungkapkan saat acara “Perempuan Bandung #01 Bersatu Optimis Indonesia Maju” di Gelanggang Olahraga Padjadjaran Bandung, Minggu (10/3).

"Saya yakin ibu-ibu yang hadir di sini mau pilih suami yang baik kan. Karena kalau kita bisa mengurus keluarga, ini menjadi salah satu ciri dia bisa mengurus negara," kata Erick saat itu.