Johan Budi klaim Dewan Kolonel dibentuk bukan serang Ganjar Pranowo

Dewan Kolonel merupakan kumpulan anggota fraksi PDIP yang mensosialisasikan Puan Maharani sebagai capres.

Anggota DPR RI periode 2019-2024 dari fraksi PDI Perjuangan, Johan Budi di Kompleks Parlemen, Senayan/Antara Foto.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Johan Budi, menyebut Dewan Kolonel yang dibentuknya tidak bertujuan untuk menyerang Ganjar Pranowo. Menurutnya, Dewan Kolonel merupakan kumpulan anggota fraksi PDIP yang mensosialisasikan Puan Maharani sebagai calon presiden (capres).

"Ini kumpulan kader-kader dari Fraksi PDI Perjuangan yang ingin mensosialisasikan Mbak Puan Maharani, Ketua DPR RI kita kepada publik dan ini tidak dimaksudkan juga menyerang Ganjar Pranowo, gak, gak ada hubungannya," kata Johan Budi di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/11).

Menurut Johan, sebagai kader, dirinya bangga karena banyak kader PDIP yang mempunya elektabilitas tinggi. Karena itu, dia memilih untuk mendukung dan menjagokan Puan sebagai capres.

"Tapi kan soal pilihan kan, boleh dong saya memilih mendukung atau mensosialisasikan Mbak Puan Maharani. Boleh juga saya tidak menyalahkan, baik yang di eksternal PDI Perjuangan maupun di internal PDI Perjuangan yang favoritnya ke Ganjar," ujar dia.

Johan juga memastikan bahwa ia dan anggota fraksi lain yang tergabung dalam Dewan Kolonel tetap tegak lurus kepada keputusan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, terkait pencalonan presiden. Ia pun kembali menegaskan bahwa Dewan Kolonel tidak bertujuan untuk menjadi penantang Ganjar Pranowo.