Respons aksi mahasiswa, Jokowi lantik anggota KPU-Bawaslu pada 12 April

Mahfud MD merespon situasi politik terakhir perihal wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Foto: Twitter

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik anggota KPU-Bawaslu yang baru pada Selasa (12/4). Pelantikan tersebut merupakan bukti bahwa pemerintah fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Mahfud MD merespons situasi politik terakhir perihal wacana penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden. Dimana, untuk isu ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar unjuk rasa serentak di berbagai kota, utamanya di Jakarta, pada Senin (11/4).

"Pada 12 April 2022, Presiden (Jokowi) akan melantik anggota KPU dan Bawaslu yang telah terpilih secara sah melalui proses seleksi oleh panitia independen dan oleh DPR," Mahfud melalui keterangan pers, Sabtu (9/4).

"Ini merupakan bukti, bahwa pemerintah memang fokus menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 bersama dengan KPU dan DPR dengan tetap menghormati independensi KPU dan Bawaslu," sambung dia.

Mahfud menegaskan, pemerintah tidak akan mengintervensi kerja KPU maupun Bawaslu. Menurut dia, pemerintah akan turut menyiapkan pelaksanaan Pemilu 2024, agar sesuai dengan ketentuan konstitusi dan undang-undang yang berlaku.