Kode-kode Demokrat di tengah rumor bakal isi pos menteri pertanian

Saat ini Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo sebagai Plt Menteri Pertanian.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memosting foto sedang memetik apel di tengah isu reshuffle kabinet di posisi menteri pertanian. Foto: Instagram

Presiden Jokowi mengakui akan melakukan reshuffle kabinet. Ia akan memasukan pengganti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, yang tengah tersandung kasus hukum. Sosok penggantinya belom diketahui, namun santer kabar bahwa asalnya dari Partai Demokrat. 

Sebab, saat Jokowi ditanya apakah nama yang dipersiapkan dari Demokrat, Jokowi tidak menjawab namun ia menunjukkan gestur mengangguk. Ia pun mengungkap bahwa posisi yang dikenai reshuffle adalah menteri pertanian.  "Mungkin Minggu ini," kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan.

Jokowi ditanyai soal reshuffle itu ketika menghadiri BNI Investor Daily Summit 2023, di Plataran Hutan Kota, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2023). 

Saat ini Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo sebagai Plt Menteri Pertanian.

Seperti kebetulan, Agus Hari Murti Yudhoyono memposting foto ia tengah memetik apel. Ketum Demokrat itu membubuhkan narasi yang berisi keinginannya agar sektor pertanian bangkit dan maju.