KPU: Pilkada diselenggarakan 2024 sangat berat dan rumit

Ilham mengaku, siap dengan keputusan yang diambil pemerintah dan DPR terkait pelaksanaan Pemilu 2024.

Ilustrasi pemungutan suara pilkada/Foto Antara

Keserentakan pemilu nasional dan pemilihan kepala daerah (pilkada) digelar 2024 membuat beban kerja penyelenggara pemilu semakin berat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku, kesukaran bila pelaksanaan pilkada bersamaan dengan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) pada 2024.

"Ketika Pemilu 2024, Pilkada 2024 dilaksanakan bersamaan dan semua dikerjakan bersamaan dengan tahapan pilkada dan pemilu dan ini tentu sangat berat dan rumit," kata Pelaksan tugas (Plt) Ketua KPU Ilham Saputra, dalam webinar yang digelar Iluni UI, Rabu (17/2).

Namun demikian, Ilham mengaku, akan mencari formula untuk menyiasati padatnya tahapan pesta demokrasi tersebut. Karena itu, dia menilai, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, utamanya pemerintah dan DPR dari segi pembiayaan.

"Ini juga harus jadi konsen kita bersama, karena KPU sebagai penyelenggara harus disupport pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) bagaimana pembiayaannya sangat besar dan juga pengadaan logistiknya," paparnya.