Kubu Airlangga klaim sapu bersih dukungan DPD tingkat II 

Kubu Airlangga mengklaim telah mengantongi dukungan dari seluruh DPD tingkat II Golkar.

Ketua Bidang Pengawasan Pembangunan DPP Partai Golkar Dito Ganinduto (kiri) dan politikus Golkar Lawrence Siburian menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk 'Berebut Kursi Ketua Partai Beringin' di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (24/7). Alinea.id/Fadli Mubarok

Ketua Bidang Pengawasan Pembangunan DPP Partai Golkar Dito Ganinduto meyakini Airlangga Hartarto bakal dengan mudah mengalahkan para kompetitornya dalam perebutan kursi Ketua Umum Golkar. Menurut Dito, Airlangga sudah mengantongi dukungan dari seluruh DPD tingkat II Golkar. 

"Dari situ saja sudah terlihat 451. Kalau saya ngitungnya (pemegang hak suara di Golkar ada) 552, itu sudah 81%. Berarti Airlangga sudah mendapatkannya," ungkap Dito dalam diskusi yang digelar Alinea.id di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (24/7).

Bukan hanya secara verbal saja, menurut Dito, dukungan disepakati masing-masing DPD tingkat II Golkar lewat rapat pleno. Dukungan pun diberikan secara tertulis dan dibubuhi materai. "Jadi, tidak perlu strategi-strategi lagi," ujar anggota timses Airlangga itu. 

Menurut Dito, wajar jika Airlangga didukung mayoritas DPD. Pasalnya, kinerja Airlangga tergolong cukup memuaskan dalam mempertahankan suara Golkar di Pileg 2019. Apalagi, Golkar tertimpa badai politik setelah sejumlah kadernya ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi.

Salah satu strategi Airlangga yang patut diapresiasi, lanjut Dito, ialah pendistribusian atribut partai dari pusat ke daerah. "Berdasarkan pengalaman saya menjadi caleg pada tahun sebelumnya, hal itu tidak ada. Atribut dari DPP tidak ada. Nah, kemarin tuh ada. Kita mengirim kaus, sarung, bendera," ujar dia.