Lima partai politik gurem versi LSI

LSI menyebut partai yang belum terasosiasi dengan capres yang kuat dan program yang belum dikenal masuk dalam partai gurem.

LSI membagai empat divisi partai berdasarkan pilihan responden./Antara Foto

Lingkar Survey Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survey terbaru. Kali ini, LSI membagi tiga partai dalam tiga divisi dalam prediksi perolehan suara nantinya. Survey yang dilakukan sejak 28 April hingga 5 Mei 2018 menggunakan multistage random sampling.

Adapun jumlah responden mencapai 1.200 responden dengan margin eror 2,9%. Peneliti LSI Ardian Sopa, menjelaskan, LSI mengelompokkan partai-partai peserta pemilu menjadi empat divisi.

Divisi utama atau partai yang memperoleh suara di atas 10% diprediksi diduduki oleh PDI Perjuangan dengan 21,7% suara. Lalu, Partai Golkar dengan persentase suara 15,3% dan Gerindra 14,7%.

"Perolehan suara dari divisi utama dari ketiga partai ini sudah melebihi perolehan suara di 2014 yang lalu. Sehingga divisi utama ini yang nantinya akan berebut menjadi juara di 2019 yang akan datang," terang Ardian pada Selasa (8/5).

Selanjutnya adalah, divisi kedua atau divisi menengah yakni partai politik yang memperoleh angka dibawah 10% dan di atas batas parliamentary treshold 4%. Mereka adalah Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB dengan elektabilitasnya diangka 6,2% dan Partai Demokrat 5,8%.