MK putuskan pelaksanaan pemilu tetap serentak

Pemisahan pemilu presiden dan legislatif dinilai bertentangan dengan konstitusi.

Seorang anggota brimob menjaga pengamanan sidang sengketa pemilu di depan Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta (18/6/19)./ Foto Antara/Nova Wahyudi

Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk menolak permohonan pengujian UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang menyoal banyaknya jatuh korban dalam pelaksanaan pemilu serentak. Dengan demikian, pelaksanaan pemilu presiden maupun pemilu legislatif akan tetap dilaksanakan secara serentak.

"Mahkamah berpendirian bahwa pemilihan umum presiden dan wakil presiden dengan pemilihan umum anggota legislatif yang konstitusional adalah yang dilaksanakan secara serentak," kata Hakim Konstitusi Saldi Isra dalam sidang putusan di Gedung MK, Jakarta, Rabu (26/2).

Dia menjelaskan, MK menilai bentangan empirik Pemilu 2019 yang disajikan pemohon, belum cukup kuat menjadi alasan perubahan pelaksanaan pemilu ke depan.

Saldi menegaskann, berbagai persoalan yang terjadi saat pelaksanaan Pemilu 2019 menjadi perhatian khusus MK. Namun hal itu dinilai tak cukup untuk memperkuat sistem pemerintahan presidensial. 

"Pemilu presiden harus dilaksanakan serentak dengan pemilu legislatif," kata Saldi.