Pilgub Jawa Barat potret kemenangan Pilpres 2019

Lembaga survei Indikator Politik menyebut elektabilitas pasangan Rindu dan 2DM pada Pilgub Jabar belum tertandingi.

Survei Indikator Politik Indonesia menempatkan pasangan Rindu dan 2DM meraup elektabilitas tertinggi pada Pilgub Jabar, yang merupakan all Jokowi finnal. / Antara Foto

Pemilihan Guberur Jawa Barat yang tinggal menghitung hari, semakin mengerucutkan dua pasangan nama calon yang diperkirakan akan bertarung sengit dalam kontestasi politk di Jawa Barat nanti. 

Kedua nama pasangan tersebut adalah Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dan Deddy Mizwar- Deddy Mulyadi (2DM).

Berdasakan data yang dihimpun oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia, pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum mengungguli pasangan Deddy Miswar dan Deddy Mulyadi, apabila Pilkada langsung di Jabar dilangsungkan saat survei tersebut digelar. 

Survei yang dilakukan sedari bulan Maret hingga Mei 2018 ini, menempatkan Rindu pada posisi teratas dengan perolehan persentase sebesar 40,9%, kemudian disusul oleh pasangan 2DM yang memperoleh 35,6%. Sedangkan, untuk pasangan Sudrajat dan Ahmad Syaiku (Asyik) hanya memperoleh 5,3%, dan urutan terakhir ditempati oleh pasangan TB. Hasanudin dan Anton Charliyan (Hasanah) yang hanya memperoleh 2,7%.

 

Survei yang melibatkan 5.169 responden dan dibagi menjadi 800 orang di setiap Dapilnya ini, menunjukan bahwa Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar merupakan tokoh yang paling populer dan disukai oleh masyarakat Jawa Barat. Alhasil, data dengan margin of eror 3,5% ini menyisihkan pasangan Asyik dan Hasanah yang posisinya jauh di bawah Rindu dan 2DM.