SMRC belum temukan bacawapres yang bisa dongkrak elektabilitas Ganjar

Ganjar adalah calon presiden (capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Alinea.id/Enrico PW

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menemukan, belum ada nama dari bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang dapat membuat Ganjar Pranowo lebih kompetitif dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Ganjar adalah calon presiden (capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Kalau mempertimbangkan preferensi pemilih atas tokoh mana yang terbaik untuk berpasangan dengan Ganjar agar dia menjadi lebih kompetitif untuk berhadapan dengan Prabowo-Muhaimin, tidak ada perbedaan antara satu tokoh dengan tokoh yang lainnya,” kata pendiri SMRC Saiful Mujani, dalam keterangan, Kamis (6/7).

Karena itu, lanjut Saiful, maka pertimbangannya bukan dari aspirasi pemilih, tetapi pertimbangan yang lain. Misalnya, pertimbangan dari orang yang benar-benar tahu tentang tokoh-tokoh tersebut. Mereka yang tahu tentang tokoh-tokoh itu memberi penilaian objektif tentang plus dan minus mereka.

“Antara satu tokoh dengan tokoh yang lainnya (yang diuji) untuk berpasangan dengan Ganjar tidak berbeda signifikan. Dari sisi publik atau rakyat, tokoh-tokoh tersebut tidak ada bedanya. Karena itu, untuk menentukan siapa yang terbaik untuk menjadi pasangan Ganjar bukan berdasarkan preferensi rakyat, tetapi pada hal lain seperti penilaian para ahli,” ujar Saiful.

Namun demikian, Saiful menambahkan, bahwa ada hal yang dimiliki oleh satu tokoh tetapi tidak dimiliki oleh tokoh lain. Kalau mempertimbangkan partai, maka Airlangga berbeda dengan tokoh lain karena dia adalah ketua umum partai Golkar, Sandiaga karena anggota PPP, dan Erick bergabung dengan PAN. Sementara tokoh-tokoh lain tidak punya partai.