Survei SMRC: Wapres Kalla dinilai lebih mumpuni

Wapres Kalla dinilai elit lebih unggul soal kapabilitas tokoh, kemampuan, pengetahuan, wawasan, kepintaran dan pengalaman pemimpin.

Jokowi unggul soal integritas dan kejujuran./Antara Foto

Rupanya, Wakil Presiden Jusuf Kalla lebih disebut mumpuni ketimbang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut Wapres Kalla disebut sebagai sosok dengan pengalaman pemimpin yang tinggi. 

SMRC melakukan wawancara atas responden yang berasal dari kelompok tertentu. Kali ini, SMRC menjadikan respondennya berasal dari kalangan yang tahu akan informasi. Rinciannya adalah politisi, teknokrat senior, intelektual nasional dan kelompok pengusaha papan atas yang masuk dalam 50 orang terkaya. 

CEO SMRC Djayadi Hanan menyebut total narasumber yang dilakukan wawancara sebanyak 12 orang. Adapun pertanyaan soal penilaian elit tentang kapabilitas tokoh, kemampuan, pengetahuan, wawasan, kepintaran dan pengalaman pemimpin. 

Hasilnya, nama Wapres Kalla mendapakan poin tertinggi yaitu sekitar 7,7. Sedangkan Presiden Jokowi mendapatkan poin 7,6. 

Tokoh selanjutnya yang memiliki skor tinggi adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan angka 6.8. Kemudian, Mahfud MD dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang masing-masing dengan poin 6,7.