Wiranto pimpin Wantimpres, Oesman Sapta mundur

Oesman Sapta berkilah ingin fokus membenahi Partai Hanura.

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang memberikan pidato saat pembukaan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) di Jakarta, Rabu (20/11). /Antara Foto

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mundur dari pencalonan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Menurut OSO, dia lebih memilih membenahi Partai Hanura ketimbang bertugas sebagai penasihat Jokowi.

"Hati nurani saya masih punya tanggung jawab yang besar terhadap partai. Sedangkan untuk menjadi seorang anggota saja, Wantimpres itu harus tidak menjabat jabatan pimpinan parpol," kata OSO di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12).

OSO mengatakan telah melaporkan keputusan mundur itu kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Menurut dia, sudah ada tokoh dari Hanura yang bakal menggantikannya di Wantimpres. 

"Dengan penolakan ini bukan berarti kita tidak menghargai, justru kami hargai apa yang dilakukan Presiden sebagai penghargaan kepada Hanura," ujar OSO. 

Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 137/L/2019 tanggal 12 Desember 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk mantan Menko Polhukam Wiranto sebagai Ketua Wantimpres