sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Biden tingkatkan vaksinasi, IHSG dibuka menguat

Penguatan juga didorong komentar Ketua The Fed Jerome Powell yang mengatakan akan menghentikan stimulus keuangan secara perlahan.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 26 Mar 2021 09:24 WIB
Biden tingkatkan vaksinasi, IHSG dibuka menguat

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,40% ke level 6.147 pada perdagangan Jumat (26/3).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan bursa saham AS ditutup menguat. Pergerakan tersebut merupakan rebound dari perdagangan Rabu. 

"Pemulihan ekonomi masih terus disoroti investor dan perkembangan dari Covid-19 yang mulai meningkat kembali kasusnya secara global," kata dia. 

Sedangkan bursa Asia dibuka menguat. Penguatan didorong oleh komentar Ketua The Federal Reserve Jerome Powell yang mengatakan akan menghentikan stimulus keuangan secara perlahan dan penuh dengan transparan, saat ekonomi di AS sudah pulih secara sepenuhnya.

Sponsored

Sementara itu Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan indeks saham Asia kompak menguat pasca saham AS naik, karena investor menyambut janji Presiden Joe Biden untuk meningkatkan upaya vaksinasi. 

Di tempat lain, pemulihan ekonomi AS terlihat pada jalurnya dengan data terbaru yang menunjukkan penurunan klaim pengangguran mingguan yang lebih besar dari perkiraan. Pelaku pasar juga menimbang ketegangan AS-China, karena Presiden Biden menyoroti persaingan antara dua ekonomi terbesar dan menolak berkomentar tentang apakah tarif impor akan tetap diberlakukan.

"Secara sentimen, pergerakan IHSG di akhir pekan berpotensi menguat di tengah meredanya kekhawatiran investor setelah presiden Joe Biden mengatakan akan meningkatkan target dosis vaksin," ujar Lanjar.

Berita Lainnya