sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BPS beberkan tantangan pemenuhan stok beras di Indonesia

BPS menyebut, produksi beras pada 2022 mengalami surplus jika dibandingkan dengan perkiraan konsumsi masyarakat.

Gempita Surya
Gempita Surya Senin, 05 Des 2022 16:07 WIB
BPS beberkan tantangan pemenuhan stok beras di Indonesia

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono, memperkirakan stok beras dalam negeri masih mencukupi kebutuhan masyarakat. Namun, ada sejumlah tantangan dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Margo mengungkapkan, berdasarkan catatan BPS, produksi beras pada 2022 mengalami surplus jika dibandingkan dengan perkiraan konsumsi masyarakat.

"Kalau kita kalkulasi selama setahun, jumlah produksi beras itu sebetulnya cukup. Jadi beras itu dalam negeri cukup kalau dari produksi dan perkiraan konsumsinya," kata Margo dalam keterangannya di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (5/12).

Menurut Margo, meski stok dalam negeri mencukupi, salah satu tantangan dalam memenuhi kebutuhan beras di masyarakat adalah panen raya pada periode Maret-April 2022 yang hanya terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Margo mengatakan, tidak semua provinsi di Indonesia merupakan sentra produksi padi.

"Di situlah yang menjadi tantangan untuk kita kelola bersama, (agar) yang bukan sentra produksi bisa mencukupi kebutuhan (beras)," tuturnya.

Selain itu, Margo menyebut, pengelolaan stok beras di Indonesia juga perlu dibenahi. Utamanya usai panen raya, di mana stok beras dapat dikelola agar dapat didistribusikan ke masyarakat.

"Bagaimana saat produksi itu panen raya, stok itu dikelola. Sehingga pada saat tidak panen raya, stok itu bisa dimanfaatkan dan bisa didistribusikan ke masyarakat. Jadi pengelolaan stok menjadi penting," ujar Margo.

Ditambahkan Margo, pihaknya telah melakukan survei pada Juni lalu untuk mengetahui stok beras domestik. Dari survei tersebut, ungkap Margo, sekitar 60-63% stok beras ada di masyarakat. Persoalan inilah yang kemudian akan dievaluasi ulang untuk mengetahui lebih lanjut terkait stok beras domestik.

Sponsored

BPS bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) pun akan melakukan survei pada 31 Desember mendatang. Survei ini dilakukan untuk mengevaluasi pasokan beras di lapangan dan memverifikasi data stok yang telah tercatat.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid