sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia akan hentikan sementara impor dari China

Kementerian Perdagangan masih mencari solusi agar tidak ada kerugian akibat moratorium impor barang China.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Jumat, 31 Jan 2020 13:35 WIB
Indonesia akan hentikan sementara impor dari China
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Pemerintah berencana menghentikan sementara impor dari China seiring merebaknya coronavirus. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan pemerintah masih mencari solusi agar importir tidak dirugikan jika nantinya moratorium benar-benar diberlakukan.

"Kita lihat nanti, tadi sudah saya katakan kalau tiba-tiba menghentikan ini merugikan importir yang sudah membuat kontrak," ujar Agus saat sidak harga bahan pokok di Pasar Wonokromo, Surabaya, Jumat (31/1). 

Agus mengatakan pengendalian impor juga akan tetap dilakukan. Antisipasi ini diperlukan karena moratorium impor dari China dikhawatirkan akan berdampak pada perekonomian nasional. Apalagi  Tiongkok merupkan negara importir nomor satu untuk Indonesia.

"Kami harus pikirkan, tapi kita juga akan mencarikan solusi yang terbaik bagi semuanya," katanya. 

Sponsored

Saat ini, kata Agus, dengan menyebarnya coronavirus, impor produk dari Cina seperti makanan dan minuman terganggu. Bahkan, beberapa perusahaan mengurangi kuota impornya. Hanya saja, Agus enggan membeberkan data pasti pengurangan pesanan barang dari Cina.

Lebih lanjut, Agus mengatakan perusahaan-perusahaan di dalam negeri telah diimbau agar tidak asal mengimpor barang, terutama asal daerah yang terjangkit coronavirus. Pengusaha juga harus mulai menyaring barang yang dipesan dari Cina.

"Virus ini membahayakan. Kita harus waspada. Tapi lebih mengkhawatirkan lagi kalau masuk di Indonesia melalui makanan dan minuman," ungkapnya. 

Berita Lainnya