sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Layanan digital akan sumbang 40% PDB

Pada 2017, sekitar 4% PDB Indonesia berasal dari produk dan layanan digital yang dibuat secara langsung menggunakan teknologi digital

Hermansah
Hermansah Selasa, 13 Feb 2018 15:14 WIB
Layanan digital akan sumbang 40% PDB

Studi International Data Corporation (IDC) yang diprakarsai Microsoft memprediksi pada 2021 sekitar 40% produk domestik bruto (PDB) Indonesia akan berasal dari produk atau layanan digital. Penelitian itu dikeluarkan Microsoft dalam kemitraan dengan IDC Asia/Pacific.

Pada saat itu, transformasi digital akan berkontribusi sekitar US$22 miliar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia serta meningkatkan tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 0,4% per tahun. Studi ini memprediksi lonjakan yang cukup besar dalam transformasi digital di seluruh perekonomian Asia Pasifik. Pada 2017, sekitar 4% PDB Indonesia berasal dari produk dan layanan digital yang dibuat secara langsung menggunakan teknologi digital, seperti mobilitas, komputasi awan, Internet of Things (IoT), dan artificial intelligence (AI).

“Indonesia terlihat jelas sudah berada dalam fast track transformasi digital. Dalam empat tahun ke depan, kami berharap sekitar 40% PDB Indonesia berasal dari produk dan layanan digital," kata President Director of Microsoft Indonesia Haris Izmee, Jakarta, Selasa (13/2).

Pada saat yang sama, organisasi- organisasi di Asia Pasifik semakin banyak yang menerapkan teknologi baru, seperti artificial intelligence sebagai bagian dari inisiatif transformasi digitalnya. Teknologi itu akan mempercepat pertumbuhan mereka.

Sponsored

Survei ini melibatkan 1.560 pengambil keputusan di sektor bisnis dari organisasi kelas menengah dan besar di 15 negara di kawasan. Fokus survei pada pengaruh serta dampak yang dihadapi dalam transformasi digital pada bisnis tradisional.

Penelitian tersebut menunjukkan walaupun 79% organisasi di Indonesia sedang berada di tengah proses transformasi digital, namun hanya 7% yang dapat diklasifikasikan sebagai pemimpin pasar. Mereka adalah organisasi-organisasi yang memiliki strategi transformasi digital secara penuh atau sudah memiliki kemajuan. Setidaknya sepertiga dari pendapatan mereka berasal dari produk dan layanan digital. Selain itu, perusahaan-perusahaan ini melihat peningkatan manfaat sebesar 20% - 30% di berbagai bidang bisnis yang berasal dari inisiatif mereka.

Berita Lainnya
×
tekid