sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Perang sponsor Piala Dunia, Nike jadi juara

Nike mensponsori tim yang berlaga di final Piala Dunia yakni Prancis dan Kroasia.

Mona Tobing
Mona Tobing Jumat, 13 Jul 2018 11:52 WIB
Perang sponsor Piala Dunia, Nike jadi juara
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 76981
Dirawat 36636
Meninggal 3656
Sembuh 36689

Final Piala Dunia tidak hanya menjadi urusan tim Eropa yang akan berlaga, tetapi juga menjadi urusan produk olahraga. Salah satu pabrikan olahraga asal Amerika Serikat, Nike Inc bakal direpotkan dengan final Piala Dunia pada pekan ini.

Rupanya untuk pertama kalinya dalam sejarah, pabrikan olahraga Nike akan menyediakan perlengkapan untuk dua tim finalis Piala Dunia sekaligus yakni Prancis dan Kroasia. Nike dipastikan menang mutlak atas rivalnya Adidas yang diketahui sebagai mitra lama Piala Dunia dan terkemuka FIFA. 

Elliot Hill, Presiden Nike bidang konsumen dan pasar mengatakan sejak masuk semifinal, perusahaannya telah mengenggam  tiga dari empat tim di semifinal. Terakhir, dua tim sponsor Nike mencapai putaran final yang merupakan pertama kalinya bagi Nike.

"Kami sudah ada di dunia sepak bola selama lebih dari 20 tahun, dan ini adalah pertama kalinya kami mendapatkan final semuanya Nike dengan kedua tim memakai produk Nike," kata Hill. 

Selain kit, Nike mengklaim juga sukses atas para pemainnya. Nike memiliki lebih dari 65% pemain sepak bola yang memakai sepatu bola Nike.

Persentase tersebut lebih dari gabungan semua merek lainnya. Walhasil, Hill mengklaim kalau Piala Dunia di Rusia merupakan ajang olahraga paling sukses untuk perusahaan.  

Sementara rivalnya, Adidas mensponsori 12 dari 32 tim di putaran final Piala Dunia Rusia. Sebenarnya lebih besar dibandingkan dengan Nike yang hanya mensponsori 10 tim. 

Salah satu klien Adidas yang paling diunggulkan yakni Jerman tersingkir awal di babak penyisihan grup, sementara delapan tim lainnya melaju ke babak 16 besar.

Sponsored

Produsen lain, Puma menyediakan kit untuk empat tim, New Balance untuk dua. Sementara untuk Errea, Hummel, Uhlsport dan Umbro masing-masing satu tim. 
 

Sumber: Antara

Berita Lainnya