sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Phillip Sekuritas dan Panin Sekuritas luncurkan wakaf saham

Phillip Sekuritas dan Panin Sekuritas meluncurkan wakaf saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 22 Nov 2019 13:33 WIB
Phillip Sekuritas dan Panin Sekuritas luncurkan wakaf saham

Phillip Sekuritas dan Panin Sekuritas meluncurkan wakaf saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Direktur Phillip Sekuritas Thessalonica Winarto mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membagi hasil keuntungan perusahaan kepada masyarakat dengan cara mewakafkan hartanya. 

Thessalonica menuturkan, sebagai perusahaan yang telah memiliki Sharia Online Trading System (SOTS) sejak 2016, salah satu langkah untuk masuk ke saham wakaf pihaknya menggandeng Dompet Dhuafa sebagai lembaga pengelola wakaf.

“Kita sudah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan saat ini dengan pertumbuhan pasar modal syariah kami berkomitmen ikut memajukan pasar modal syariah dengan meluncurkan wakaf saham," katanya dalam Sharia Investment Week 2019, di Bursa Efek Indonesia, Jumat (22/11).

Thessalonica pun menjelaskan, harapannya dengan masuknya Phillip Sekuritas ke pasar saham wakaf, perusahaan dapat turut memfasilitasi masyarakat yang ingin mewakafkan hartanya kepada yang membutuhkan.

“Semoga dengan adanya kemudahan mewakafkan saham dari para dermawan ini dapat berbagi, memajukan, dan membantu sesama,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Panin Sekuritas Prama Nugraha menyatakan saat ini total nasabah Panin sekuritas mencapai 20.000 orang, dengan 2.000 nasabah merupakan investor di saham syariah. Dia pun berharap 20% dari investor syariah tersebut dapat masuk ke wakaf saham.

“Paling enggak kita harapkan 20% dari situ (investor syariah) sudah mau untuk masuk mewakafkan sebagian hartanya,” ujar Prama.

Meski demikian, dia tidak menargetkan nilai wakaf yang yang akan diraup oleh Panin sekuritas dalam wakaf saham tersebut. Dia hanya berharap para investor memiliki keinginan untuk terlibat di wakaf saham.

Sponsored

“Memang pada sisi kami tidak menargetkan dalam jumlah tertentu dari sisi nilai, tapi kami menargetkan keterlibatan, keikutsertaan dari investor-investor saham ini untuk bersedia mewakafkan sebagian hartanya," jelas Prama.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager Wakaf Dompet Dhuafa Bobby P Manullang menjelaskan, saham yang dapat diwakafkan hanyalah saham yang berbentuk syariah yang pengelolaannya diserahkan ke lembaga pengelola investasi. 

Sementara keuntungannya berasal dari pengelolaan saham syariah oleh pengelola investasi akan disetor ke lembaga pengelola wakaf. Pemanfaatan wakaf saham yang akan digunakan adalah hasil dividen atau pembagian laba dari pemegang saham. 

“Pada rangkaian Sharia Investment Week serta peluncuran Wakaf Saham oleh Philip Sekuritas Indonesia dan Panin Sekuritas bekerja sama dengan Dompet Dhuafa memiliki peran penting sebagai memajukan ekonomi syariah Indonesia. Selain itu wakaf saham dapat juga menjadi pilihan alternatif untuk investor bisa berbagi melalui instrumen saham”, ujarnya.


 

Berita Lainnya