sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Royke Tumilaar dan 5 bankir Mandiri pindah ke BNI

Sebelum menjadi Direktur Utama BNI, Royke sebelumnya merupakan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.(BMRI). 

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 02 Sep 2020 16:28 WIB
Royke Tumilaar dan 5 bankir Mandiri pindah ke BNI
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 511.836
Dirawat 64.878
Meninggal 16.225
Sembuh 429.807

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) Rabu (2/9) menunjuk Royke Tumilaar sebagai direktur utama perseroan. Sebelumnya, Royke merupakan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.(BMRI). 

Dalam keterangan resminya, Royke menyatakan siap membawa BNI menjadi bank yang akan berkontribusi aktif membangun ekonomi Indonesia, serta membawa bank pelat merah tersebut mewakili industri perbankan Indonesia di tingkat global. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan mandat yang diberikan kepada saya untuk menakhodai BNI. Apalagi BNI memiliki sejarah panjang yang ikut mewarnai perkembangan ekonomi Indonesia sejak 1946. Saya akan berusaha menjalankan amanah ini dengan baik,” kata Royke di Jakarta, Rabu (2/9).

Royke mengakui sadar kalau penunjukan tersebut akan membawa konsekuensi yang harus dijalani. Antara lain target bisnis serta ekspektasi dari pemegang saham, dalam hal ini Kementerian BUMN.

“Target ini menjadi tantangan bagi saya untuk membawa dewan direksi baru dalam sebuah sinergi yang produktif dan strategis sehingga bisa memenuhi target tersebut,” tuturnya.

Dia mengatakan, tidak akan banyak melakukan perubahan terhadap strategi yang telah berjalan serta akan menyesuaikan dengan ekspektasi para stakeholder, termasuk karyawan BNI.

Selain Royke, lima bankir Bank Mandiri lainnya juga tercatat menjadi direksi BNI. Kelima bankir tersebut adalah Silvano Rumantir yang menjadi Direktur Corporate Banking Bank BNI. Sebelumnya Silvano adalah Direktur Keuangan Bank Mandiri.

Kemudian David Pirzada sebagai Direktur Manajemen Risiko Bank BNI. Sebelumnya, David merupakan Senior Vice Presicent Wholesale Risk Bank Mandiri. Kemudian Muhammad Iqbal sebagai Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang semula menjabat sebagai Senior Vice President SME Banking di bank berlogo pita emas tersebut.

Terakhir adalah Novita Widya Anggraini sebagai Direktur Keuangan Bank BNI. Posisi terakhirnya di Bank Mandiri adalah Senior Vice President and Performance Management.

Sponsored

Dalam RUPSLB ini, tercatat ada empat direksi Bank BNI yang masih bertahan, yaitu Adi Sulistiowaty yang diangkat menjadi Wakil Direktur Utama, Sis Apik Wijayanto sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan, YB Hariantono sebagai Direktur Teknologi Informatika dan Operasional, serta Bob Tyasika Ananta sebagai Direktur Human Capital dan Kepatuhan.

Selanjutnya dua bankir BNI tercatat mendapatkan promosi sebagai direksi. Kedua bankir tersebut adalah Henry Panjaitan sebagai Direktur Teasuri dan Internasional dan Ronny Vennir sebagai Direktur Layanan dan Jaringan.

Berita Lainnya