sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Silmy Karim resmi jabat Dirut Krakatau Steel

Jajaran direksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. dirombak. Silmy Karim kini menjabat sebagai direktur utama KRAS.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Kamis, 06 Sep 2018 19:42 WIB
Silmy Karim resmi jabat Dirut Krakatau Steel

Jajaran direksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. dirombak. Silmy Karim kini menjabat sebagai direktur utama KRAS.

Emiten pelat merah berkode saham KRAS pada hari ini, Kamis (6/9) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dalam gelaran RUPSLB tersebut perusahaan produsen baja ini sepakat merombak susunan direksi perseroan dan perubahan penggunaan dana hasil penawaran umum terbatas.

Silmy Karim resmi menjadi Direktur Utama Krakatau Steel menggantikan Mas Wigrantoro Roes Setiyadi. Sementara untuk posisi komisaris Badan usaha milik negara (BUMN) ini tidak ada perubahan.

Komisaris Utama Krakatau Steel I Gusti Putu Suryawirawan menjelaskan pergantian pengurus dilakukan untuk meningkatkan kualitas perseroan.

"Di lingkungan BUMN ada penugasan, jadi bisa saja BUMN melakukan perubahan untuk direktur utama yang lama," kata Putu dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (6/9).

Dia menjelaskan, penugasan dilakukan karena Krakatau Steel adalah BUMN strategis dan perlu peningkatan kualitas bisnis.

Agenda RUPS juga menyetujui penggunaan dan hasil penawaran umum terbatas (PUT) melalui hak memesan efek terlebih dahulu I sebesar Rp1,22 triliun. Dari semula untuk modal kerja proyek pembangunan hot strip mill No 2 (HSM #2) menjadi untuk memenuhi kebutuhan investasi proyek pembangunan hot strip mill No. (HSM #2).

Dari sisi kinerja, semester I-2018 volume penjualan Krakatau Steel tercatat meningkat 24,44%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia Semester I-2018 sebesar 5,17% telah mendorong peningkatan konsumsi baja nasional sebesar 5,51%.

Sponsored

Peningkatan harga baja global telah mendorong harga baja domestik. Hal ini berpengaruh pada peningkatan pendapatan perseroan 34,75% menjadi US$854,27 juta dari sebelumnya US$633,98 juta.

Sebagai informasi, Silmy Karim sebelumnya merupakan direktur utama di PT Barata Indonesia (Persero), yakni perusahaan yang bergerak di bidang EPC, konstruksi dan manufakturing. Sementara itu, sebelum di Barata Indonesia, Silmy juga pernah mengisi posisi sebagai Direktur Utama di PT Pindad (Persero). 

Berikut susunan direksi Krakatau Steel terbaru:
Direktur Utama: Silmy Karim
Direktur Keuangan: Tardi
Direktur SDM: Rahmat Hidayat
Direktur Logistik dan Pengembangan Usaha: Ogi Rulino
Direktur Produksi dan Teknologi: Wisnu Kuncoro
Direktur Pemasaran: Purwono Widodo

Susunan Komisaris Krakatau Steel:
Komisaris Utama: I Gusti Putu Suryawirawan 
Komisaris: Ridwan Djamaluddin 
Komisaris: Nanang Pamuji Mugasejati 
Komisaris: Dadang Kurnia 
Komisaris Independen: Roy E Maningkas 
Komisaris Independen: Nana Rohana