sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

SMI terbitkan surat utang Rp5 triliun

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menerbitkan surat utang berjenis obligasi dan Sukuk senilai total Rp5 triliun.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Kamis, 17 Mei 2018 22:44 WIB
SMI terbitkan surat utang Rp5 triliun

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menerbitkan surat utang berjenis obligasi dan Sukuk senilai total Rp5 triliun.

Direktur Utama SMI, Emma Sri Martini, mengatakan perseroan menerbitkan obligasi berbasis lingkungan atau green bonds senilai Rp1 triliun. SMI menjadi perusahaan pertama penerbit green bonds.

"Ini berbeda dengan obligasi konvensional," katanya dalam konferensi pers di Sahid Sudirman Centre, Jakarta, Kamis (17/05).

Green bonds merupakan obligasi dengan penggunaan dana hasil penerbitan untuk mendanai proyek berwawasan lingkungan. Proyek berbasis lingkungan yang didanai SMI antara lain green water, green energy, dan green transportation.

"Ada green water, seperti proyek irigasi, dan bendungan. Kemudian green energy, dan kita juga sangat support urban project yang sifatnya green transport seperti LRT," ungkapnya.

Saat ini, perusahaan investasi di bawah naungan Kementerian Keuangan itu tengah menunggu pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ditargetkan perizinan akan rampung sebelum akhir paruh pertama tahun ini.

"Kami expecting Juni-Juli 2018 sudah bisa terbit," kata dia.

Perseroan menunjuk 4 penjamin emisi, yakni Danareksa Sekuritas, Maybank Kim Eng Sekuritas, Indo Premier Sekuritas, dan CIMB Sekuritas.

Sponsored

Tidak hanya green bonds, SMI juga berencana untuk menerbitkan surat utang berbasis syariah atau Sukuk senilai Rp1 triliun.

Untuk melengkapi pendanaan tahun ini, SMI kembali merilis penawaran umum berkelanjutan (PUB) senilai Rp3 triliun. 

Penerbitan PUB tersebut merupakan bagian dari emisi obligasi berkelanjutan 2016 yang telah mendapatkan restu senilai total Rp30 triliun. Hingga saat ini, SMI telah merilis PUB senilai Rp12 triliun.

Berita Lainnya
×
tekid