sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Waskita Karya dan Rekind kerja sama infrastruktur global

PT Rekayasa Industri (Rekind) dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. bekerja sama membangun proyek infrastruktur.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Selasa, 28 Mei 2019 18:15 WIB
Waskita Karya dan Rekind kerja sama infrastruktur global

PT Rekayasa Industri (Rekind), anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), bekerja sama dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. mengembangkan proyek infrastruktur global.

Direktur Utama Rekind Yanuar Budinorman mengatakan Rekind dan Waskita Karya sepakat melaksanakan prinsip kerja sama dalam ruang lingkup investasi, engineering, procurement, construction (EPC), financing dan contracting di bidang minyak dan gas, petrokimia, energi dan pembangkitan listrik.

“Sinergi BUMN dalam bentuk kompetensi dan kapabilitas kemampuan EPC ini harus segera direalisasikan untuk ketahanan nasional yang kokoh,” kata Yanuar di Jakarta, Selasa (28/5).

Untuk tahap pertama, Rekind dan Waskita Karya sepakat bekerja sama dalam pembangunan jalur transmisi pipa gas ruas Cirebon-Semarang (Cisem), yang merupakan bagian dalam pengembangan bisnis dan investasi milik Rekind. 

Setelah Rekind ditetapkan sebagai pemenang lelang atas konsesi ruas pipa Cirebon-Semarang oleh BPH Migas, Rekind bertindak sebagai transporter.

Dalam proyek ini Rekind bekerja sama dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT Bayu Buana Gemilang (BBG) selaku shipper, serta PT Pertamina Gas (Pertagas) selaku pemilik ruas pipa gas Semarang-Gresik.

"Selain Cisem, Rekind juga akan menggandeng Waskita Karya untuk proyek EPC lainnya. Rekind memiliki kompetensi dalam bidang EPC untuk proses dan industri, bersinergi dengan Waskita Karya yang memiliki keahlian di bidang konstruksi dalam rangka menambah kompetensi perusahaan EPC nasional," tambah Yanuar.

Tentunya, proses sinergi yang berjalan ini akan meningkatkan nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Selanjutnya juga dapat meningkatkan peran industri dalam negeri di semua proyek yang akan dikerjakan, karena ruang lingkup yang dikerjakan lebih besar oleh perusahaan nasional.
 

Sponsored
Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Rabu, 20 Nov 2019 19:35 WIB
Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Selasa, 19 Nov 2019 21:07 WIB