Bupati Gowa targetkan Inovasi Sahabat Lapor masuk Top 10 pengaduan terbaik
Adnan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menciptakan Inovasi Sahabat Lapor.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menargetkan pengelolaan pengaduan pelayanan publik pada Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi Online Rakyat (SP4N-LAPOR) lewat Inovasi Sahabat Lapor masuk Top 10 peserta terbaik pada kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 Tahun 2022.
Adnan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menciptakan Inovasi Sahabat Lapor. Ia menambahkan, layanan ini merupakan pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari perwakilan unsur pemuda yang peduli terhadap pelayanan publik dan tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.
“Sahabat Lapor ini bertugas untuk menyebarluaskan informasi tentang media pengaduan aplikasi LAPOR, memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan, serta mengawasi kinerja penyelenggaraan pemerintah di kecamatan dan melaporkan pada aplikasi LAPOR,” kata Adnan saat mengikuti tahapan presentasi dalam evaluasi lanjutan kompetisi tersebut, Sabtu (28/5).
Menurut Adnan, pengintegrasian pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara nasional bagi pemerintah daerah ke dalam aplikasi SP4N-LAPOR masih belum optimal digunakan. Ini dilihat dari masih rendahnya partisipasi masyarakat menyampaikan pengaduan melalui media Aplikasi SP4N-LAPOR dan cakupan wilayah kerja penyampaian pengaduan melalui media Aplikasi SP4N-LAPOR.
“Semua itu disebabkan karena rendahnya penyebaran informasi, penggunaan perangkat teknologi informasi dan internet, dan kepedulian masyarakat yang masih enggan dan takut melapor,” tuturnya.
Lebih lanjut, Adnan menegaskan Inovasi Sahabat Lapor merupakan solusi terhadap permasalahan masyarakat di Kabupaten Gowa untuk perbaikan kinerja Pemkab Gowa dengan memanfaatkan aplikasi LAPOR.
Sebagai informasi, kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 Tahun 2022 digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)