sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemkab Gowa kembangkan program sapi daging wagyu premium

Program ini juga membuat Gowa menjadi daerah satu-satunya produsen daging wagyu lokal di pangsa pasar Tanah Air.

Muhammad Wahid Aziz
Muhammad Wahid Aziz Senin, 21 Nov 2022 10:29 WIB
Pemkab Gowa kembangkan program sapi daging wagyu premium

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mulai mengembangkan sapi wagyu sebagai alternatif peningkatan sektor peternakan.  Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, program ini juga membuat Gowa menjadi daerah satu-satunya produsen daging wagyu lokal di pangsa pasar Tanah Air.

“Selama ini daging wagyu yang beredar di Indonesia dengan kualitas terbaik dari Jepang. Kenapa kita tidak mengembangkannya sendiri di Gowa dan menjadikan daging wagyu Gowa yang premium,” kata Adnan dalam keterangannya, Minggu (20/11).

Adnan menjelaskan, untuk mengoptimalisasi program tersebut, pihaknya telah menandatangi kerja sama dengan PT Berdikari Live Stock, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Peternakan dan Hewan Tropika LPPM-Unhas, dan Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari (BBIBS) pada Sabtu (19/11). Ia berharap kerja sama tersebut mampu mengembangkan sapi wagyu berkualitasi premium.

“Kita mulai dari sekarang (pengembangan sapi wagyu). Kita tidak perlu mengimpor daging dari Jepang. Cukup seluruh Indonesia datang ke Gowa membeli sapi daging wagyu," jelasnya.

Sementaraitu,  Ditjen PKH Kementerian Pertanian RI, Nasrullah, mengapresiasi langkah Pemkab Gowa dalam pengembangan sapi wagyu. Menurutnya, langkah ini telah di serukan oleh Kementerian Pertanian sejak lama, namun hanya Gowa yang memiliki komitmen tersebut.

"Ini suatu terobosan, yaitu pengembangan sapi berkualitas. Kemarin tidak ada yang menangkap serius namun hari ini Pemkab Gowa memberikan komitmen bahwa pengambangan sapi wagyu harus jadi di Kabupaten Gowa," katanya.

Nasrullah mengatakan akan berkoordinasi dengan BBIBS menyuplai sperma unggul dari sapi wagyu. Nantinya, pihaknya juga membantu melatih petugas di Gowa pengelola inseminasi buatan untuk pengembangan sapi wagyu ini.

"BBIBS wajib memberikan bantuan sperma bantuan ke Gowa secara gratis. Kalau belum pintar melakukan inseminasi maka siap dilatih di Lembang atau Singosari. Kemudian di perkenalkan dengan sperma-sperma yang unggul," sebutnya.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid