sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

21 orang terluka dalam kecelakaan kapal perang AS

Dua kapal perang lainnya, USS Fitzgerald dan USS Russell, dipindahkan ke dermaga yang jauh dari lokasi kebakaran.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 13 Jul 2020 13:52 WIB
21 orang terluka dalam kecelakaan kapal perang AS
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 132816
Dirawat 39290
Meninggal 5968
Sembuh 87558

Sebuah kapal serbu amfibi milik Amerika Serikat, USS Bonhomme Richard, pada Minggu (12/7) terbakar dan meledak di Pangkalan Angkatan Laut di San Diego. Ledakan tersebut melukai 21 orang.

Menurut pernyataan Laksamana Muda Philip Sobeck, 17 awak kapal dan empat warga sipil yang terluka telah dilarikan ke rumah sakit setempat. Mereka dilaporkan dalam kondisi stabil.

Sobeck menuturkan, api terlihat sekitar pukul 08.30 waktu setempat. Pihak militer masih berupaya menentukan penyebab ledakan, Sobeck mengatakan kejadian tersebut kemungkinan disebabkan oleh kompartemen tertentu yang malfungsi akibat terlalu panas.

Sekitar 160 awak kapal berada di atas USS Bonhomme Richard, jauh lebih sedikit dibandingkan biasanya karena kapal itu sedang tidak aktif menjalankan tugas.

Lebih lanjut, Sobeck menyatakan, pada Minggu pukul 18.30 waktu setempat, sebagian besar asap yang mengepul dari kapal tersebut berasal dari benda-benda seperti pakaian dan buku yang terbakar.

Ledakan tidak disebabkan oleh kebocoran tangki bahan bakar kapal.

"Kami berterima kasih atas tanggapan cepat dari unit pemadam kebakaran lokal," tutur Laksamana Mike Gilday.

Dua kapal perang lainnya, USS Fitzgerald dan USS Russell, dipindahkan ke dermaga yang jauh dari lokasi kebakaran pada Minggu.

Sponsored

Pangkalan di San Diego adalah pelabuhan rumah USS Bonhomme Richard. Kapal tersebut sedang menjalani perawatan rutin sebelum kebakaran terjadi. (USA Today)

Berita Lainnya