sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

AS klaim telah membunuh pemimpin senior Al Qaeda dengan drone di suriah

Rigsbee tidak mengatakan apakah serangan pesawat tak berawak AS dilakukan sebagai pembalasan.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 23 Okt 2021 09:36 WIB
AS klaim telah membunuh pemimpin senior Al Qaeda dengan drone di suriah

Militer AS mengklaim telah membunuh pemimpin senior Al Qaeda Abdul Hamid al-Matar dalam serangan pesawat tak berawak di Suriah pada hari Jumat. Klaim itu disampaikan juru bicara Komando Pusat AS beberapa jam setelah operasi yang dinyatakan berhasil itu.

"Pemberantasan pemimpin senior Al Qaeda ini akan mengganggu kemampuan organisasi teroris untuk merencanakan lebih lanjut dan melakukan serangan global yang mengancam warga AS, mitra kami, dan warga sipil tak berdosa," kata Mayor Angkatan Darat AS John Rigsbee dalam sebuah pernyataan tertulis.

Serangan itu terjadi dua hari setelah pos terdepan AS di Suriah selatan diserang dengan serangan pesawat tak berawak yang terkoordinasi, tetapi tidak ada laporan tentang korban di pihak Amerika, kata para pejabat.

“Ledakan terdengar dari pangkalan Al Tanf yang digunakan oleh koalisi pimpinan AS” yang memerangi ISIS, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia dari Inggris, tanpa menyebutkan siapa yang bertanggung jawab atas serangan itu.

Sponsored

Seorang pejabat mengatakan salah satu serangan pesawat tak berawak menghantam sisi AS dari garnisun al-Tanf, sementara yang lain mungkin mengenai sisi di mana pasukan oposisi Suriah bermarkas.

Garnisun itu didirikan ketika pejuang ISIS menguasai Suriah timur di sepanjang perbatasan dengan Irak, tetapi setelah para militan diusir, itu menjadi bagian dari strategi AS yang lebih besar untuk menahan jangkauan militer Iran di wilayah tersebut.

Rigsbee tidak mengatakan apakah serangan pesawat tak berawak AS dilakukan sebagai pembalasan.(thenationalnews)

Berita Lainnya