sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bertemu Paus Fransiskus, Menag Lukman sampaikan apresiasi

Menag Lukman menyampaikan apresiasi atas terpilihnya salah satu warga Indonesia sebagai kardinal di Vatikan.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 04 Okt 2019 15:03 WIB
Bertemu Paus Fransiskus, Menag Lukman sampaikan apresiasi

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mendapat kehormatan untuk bertemu dengan Paus Fransiskus dalam audiensi umum di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, pada Rabu (2/10).

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Agama RI pada Jumat (4/10), Menag Lukman menyampaikan apresiasi atas terpilihnya salah satu warga Indonesia sebagai kardinal di Vatikan.

Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo, ditunjuk sebagai salah satu dari 13 kardinal baru oleh Paus Fransiskus pada awal September.

Dengan penunjukan itu, Ignatius menjadi Uskup Agung Jakarta ketiga yang terpilih sebagai kardinal dari Indonesia. Dia akan membantu tugas Sri Paus selaku pemimpin Gereja Katolik.

Selain itu, Menag RI mengapresiasi Piagam Persaudaraan Kemanusiaan yang ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar di Abu Dhabi. Lukman menyebutnya sebagai langkah yang membahagiakan dan membawa ketenteraman.

Dalam kesempatan itu, Lukman memberikan plakat Kemenag RI yang ditandatangani olehnya. Paus Fransiskus kemudian memberikan medali perak berlogo Vatikan kepada menag.

Lukman tiba di Roma pada Selasa (1/10) untuk menghadiri sejumlah kegiatan, salah satunya adalah pelantikan Ignatius sebagai kardinal pada Sabtu (5/10).

Sponsored

Selain menghadiri audiensi umum dengan Paus Fransiskus di Lapangan Santo Petrus, Menag Lukman juga melakukan napak tilas ke Assisi, Italia, bertemu dengan Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama (PCID) Takhta Suci Vatikan.

Menag Lukman juga dijadwalkan bertemu dengan Imam Besar dan Pengurus Masjid Raya Roma dan berdiskusi dengan masyarakat Indonesia di KBRI Roma.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid