sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bicara dengan ILO, pejabat Vietnam ditangkap karena bocorkan info rahasia

Penangkapannya pertama kali dilaporkan awal pekan ini oleh The 88 Project, sebuah organisasi multinasional kecil.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Sabtu, 11 Mei 2024 20:11 WIB
Bicara dengan ILO, pejabat Vietnam ditangkap karena bocorkan info rahasia

Polisi Vietnam menangkap seorang pejabat senior yang terlibat dalam pembicaraan dengan organisasi internasional mengenai reformasi ketenagakerjaan, kata media pemerintah pada hari Kamis (9/5). Perbincangan itu terkait dengan pembocoran informasi rahasia.

Penahanan Nguyen Van Binh terjadi setelah berbulan-bulan penangkapan para pakar dan aktivis terkemuka. Menurut beberapa diplomat, aksi penangkapan merupakan tindakan keras berlanjut menekan masyarakat sipil di tengah perombakan besar-besaran para pemimpin politik terkemuka di negara yang dikuasai Komunis tersebut.

Sebagai direktur jenderal departemen hukum Kementerian Tenaga Kerja, Binh, 51 tahun, ditugaskan mengawasi reformasi undang-undang ketenagakerjaan dimana ia bekerja sama dengan Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), kata kementerian itu di situs webnya.

Dinukil Times of India, ILO dan Kementerian Tenaga Kerja Vietnam tidak segera menjawab permintaan komentar mengenai penangkapan Binh.

Binh ditahan atas tuduhan sengaja mengungkapkan rahasia negara, kata surat kabar pemerintah Tuoi Tre. Dilaporkan, polisi memperluas penyelidikan mereka terkait penahanan Binh.

Upayanya bersama ILO dan mitra internasional bertujuan untuk kemungkinan meratifikasi Konvensi 87 tentang hak-hak buruh dan serikat pekerja. Jika disahkan, peraturan tersebut akan menjamin hak pekerja untuk membentuk serikat pekerja independen tanpa izin sebelumnya.

Vietnam diharuskan meratifikasi konvensi tersebut berdasarkan perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Eropa dan perjanjian dengan mitra dagang Pasifik, namun proses persetujuannya telah lama tertunda.

Penangkapannya pertama kali dilaporkan awal pekan ini oleh The 88 Project, sebuah organisasi multinasional kecil yang memantau dan mempromosikan hak asasi manusia dan kebebasan sipil di Vietnam. Laporan tersebut menggambarkan Binh sebagai seorang reformis yang mendukung serikat pekerja independen.

Sponsored

“Penangkapan Binh terjadi di tengah gelombang penindasan baru di Vietnam,” kata kelompok itu dalam laporannya, dikutip NBC News.

Dikatakan bahwa penangkapan Binh adalah “penangkapan pertama terhadap seorang reformis pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.”

The 88 Project pada bulan Februari menerbitkan apa yang digambarkannya sebagai arahan rahasia keamanan nasional tahun 2023 dari Partai Komunis Vietnam yang berkuasa yang memerintahkan tindakan keras terhadap kelompok buruh, masyarakat sipil, dan organisasi asing yang dianggap sebagai ancaman terhadap keamanan nasional.

Berita Lainnya
×
tekid