sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

China dan Rusia dukung inisiatif Presiden Jokowi di konflik Myanmar

Ada kekhawatiran terhadap perkembangan situasi di Myanmar dan tidak ingin melihat rakyat semakin menderita.

Hermansah
Hermansah Jumat, 02 Apr 2021 19:45 WIB
China dan Rusia dukung inisiatif Presiden Jokowi di konflik Myanmar

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membahas situasi Myanmar dengan Menteri Luar Negeri China  Wang Yi, pada Jumat (2/4) di China. 

"Kami memiliki kekhawatiran yang sama terhadap perkembangan situasi di Myanmar dan tidak ingin melihat rakyat semakin menderita. Kami juga memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya segera mengakhiri penggunaan kekuatan dan kekerasan," kata dia saat memberikan keterangan secara virtual.

Selain itu, Indonesia dan China juga memiliki kesamaan pandangan pentingnya segera memulai dialog di antara pihak yang berkonflik.  

China juga memberikan dukungan terhadap upaya dan tawaran ASEAN untuk membantu Myanmar. Termasuk memberikan dukungan terhadap inisiatif Presiden Jokowi untuk mengadakan KTT ASEAN.

"Sebagai informasi, dua hari yang lalu, saya juga melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Kami juga membahas masalah Myanmar. Rusia juga menyatakan dukungannya terhadap ASEAN dan inisiatif Presiden Jokowi bagi penyelenggaraan KTT ASEAN," papar dia.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Presiden Jokowi telah mendesak agar penggunaan kekerasan di Myanmar segera dihentikan sehingga tidak ada lagi korban berjatuhan. Keselamatan dan kesejahteraan rakyat harus menjadi prioritas utama.

Indonesia juga mendesak agar dialog dan rekonsiliasi segera dilakukan untuk memulihkan demokrasi, memulihkan perdamaian, dan memulihkan stabilitas di Myanmar.

"Saya akan segera melakukan pembicaraan dengan Sultan Brunei Darussalam sebagai Ketua ASEAN, agar segera dimungkinkannya diselenggarakan pertemuan tingkat tinggi ASEAN yang membahas krisis di Myanmar," kata presiden.

Sponsored
Berita Lainnya