sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Didampingi AHY, SBY terima kunjungan Presiden Timor Leste Ramos Horta, bahas apa?

Kunjungan kepada SBY dilakukan setelah kunjungan Presiden Ramos Horta bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Selasa, 19 Jul 2022 15:49 WIB
Didampingi AHY, SBY terima kunjungan Presiden Timor Leste Ramos Horta, bahas apa?

Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta, mengunjungi mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediamannya di Cikeas, Jawa Barat, Selasa (19/7), sekitar pukul 13.00 WIB.

"Informasi yang saya terima dari Kantor Sekretariat Pribadi Presiden RI Ke-6, betul bahwa Bapak SBY menerima kunjungan dari Presiden Timor Leste di kediaman Cikeas," kata juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, kepada wartawan, Selasa.

Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut, kunjungan Ramos Horta tersebut merupakan merupakan salah satu agenda dalam kunjungan kenegaraan ke luar negeri pertama, setelah terpilih sebagai pemimpin Timor Leste pada Mei 2022. 

"Kunjungan kepada SBY dilakukan setelah kunjungan Presiden Ramos Horta bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor," katanya.

Menurut Herzaky, saat menerima kunjungan Presiden Ramos Horta di Cikeas, SBY didampingi oleh Dino Patti Djalal dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ramos Horta dilantik menjadi Presiden kelima Timor Leste pada Jumat, 20 Mei 2022, bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan yang ke-20.

Dalam pidato pelantikannya, Ramos-Horta mengatakan, dirinya tidak hanya merepresentasikan masyarakat yang memberi suara untuk dirinya, tetapi ia menjadi presiden untuk merepresentasikan seluruh masyarakat Timor Leste.

Ramos menegaskan bahwa dirinya berkomitmen untuk melindungi, menaati, serta menegakkan Konstitusi Timor Leste sebagai dasar dari hukum dengan nilai-nilai yang mencerminkan identitas bangsa sebagaimana yang telah disepakati oleh masyarakat Timor Leste.

Sponsored

Ramos Horta menyampaikan beberapa isu global, seperti situasi perekonomian dunia, gejolak geopolitik, kerja sama bilateral, multilateral, dan regional, situasi demokrasi, perkembangan teknologi dalam administrasi pemerintahan hingga terkait energi dan pembangunan berkelanjutan.

Ia juga kembali menegaskan bahwa menjadi anggota ASEAN merupakan tujuan dari strategi nasional Timor Leste pada masa dirinya menjabat sebagai presiden.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid