sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G-20 di Bali

Presiden berharap komunikasi yang baik antara kedua pemimpin dapat mengurangi ketegangan antara Rusia dan Ukraina, kata Luhut.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Kamis, 10 Nov 2022 12:58 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G-20 di Bali

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G20 di Indonesia minggu depan. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, keputusan Putin untuk menghindari kemungkinan konfrontasi dengan Amerika Serikat dan sekutunya atas perangnya di Ukraina.

Presiden AS Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, dan para pemimpin dunia lainnya akan menghadiri KTT dua hari di Bali yang dimulai 15 November. KTT itu akan menjadi yang pertama kalinya Biden dan Putin bersama dalam sebuah pertemuan sejak Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari. Tapi momen itu dipastikan tidak terjadi di Bali.

Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Dukungan untuk acara G-20 mengatakan kepada wartawan di Denpasar, Indonesia, bahwa Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov akan memimpin delegasi Rusia.

“Pemerintah Indonesia menghormati keputusan pemerintah Rusia, yang sebelumnya telah dijelaskan oleh Presiden Putin sendiri kepada Presiden Joko Widodo dalam percakapan telepon yang sangat bersahabat,” kata Luhut, Kamis (10/11).

Presiden berharap komunikasi yang baik antara kedua pemimpin dapat mengurangi ketegangan antara Rusia dan Ukraina, kata Luhut.

G-20 adalah yang terbesar dari tiga KTT yang diadakan di Asia Tenggara minggu ini dan berikutnya. Belum jelas apakah  Menlu Rusia, Sergey Viktorovich Lavrov akan mewakili Rusia di semua forum itu mulai dari KTT Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dimulai Kamis di Phnom Penh, Kamboja, diikuti oleh KTT G-20 di Bali, dan KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di Bangkok, Thailand.

Biden akan menghadiri ASEAN dan G-20 sementara Wakil Presiden Kamala Harris akan melakukan perjalanan ke APEC.

Biden sendiri telah menampakkan keengganan melakukan pertemuan dengan Putin jika dia menghadiri KTT, dan mengatakan satu-satunya percakapan yang mungkin dia lakukan dengan pemimpin Rusia adalah membahas kesepakatan untuk membebaskan orang Amerika yang dipenjara di Rusia.

Sponsored

Pejabat administrasi Biden mengatakan mereka telah berkoordinasi dengan rekan-rekan global untuk mengisolasi Putin jika dia memutuskan untuk berpartisipasi baik secara langsung atau virtual. Mereka telah membahas boikot atau tampilan kecaman lainnya.

Berita Lainnya
×
tekid