sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sedikitnya 10 tewas dalam penembakan di supermarket AS

Pelaku memasuki supermarket dengan senapan dan melepaskan tembakan, kata seorang petugas penegak hukum.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Minggu, 15 Mei 2022 06:39 WIB
Sedikitnya 10 tewas dalam penembakan di supermarket AS

Penembakan massal yang diduga berlatar belakang rasial terjadi di sebuah super market Tops, di Buffalo, Amerika Serikat, Sabtu sore (14/5). 10 orang tewas, dan mereka adalah warga kulit hitam.

Komisaris Polisi Buffalo Joseph Gramaglia mengatakan tiga lainnya terluka dalam serangan di Tops Friendly Market itu. Pelaku memasuki supermarket dengan senapan dan melepaskan tembakan, kata seorang petugas penegak hukum yang berbicara dengan syarat anonim kepada kantor berita AP.

Penyelidik percaya pelaku mungkin telah menyiarkan langsung penembakan itu. Saksi mata melaporkan dia mengenakan pakaian gaya militer dan pelindung tubuh.

Menurut polisi, orang-orang bersenjata itu sudah ditahan dan diinterogasi oleh FBI. Badan tersebut mengatakan mereka sedang menyelidiki "kejahatan kebencian" dan "ekstremisme bermotivasi rasial."

Sponsored

Gedung Putih, Sekretaris Pers Karine Jean-Pierre mengatakan Presiden Joe Biden menerima pembaruan rutin tentang penembakan itu dan akibatnya.

"Presiden telah diberi pengarahan oleh penasihat Keamanan Dalam Negerinya tentang penembakan mengerikan di Buffalo, NY, sore ini. Dia akan terus menerima pembaruan sepanjang malam dan besok seiring berkembangnya informasi lebih lanjut," katanya.

Gubernur New York Kathy Hochul mengatakan di Twitter bahwa dia sedang memantau penembakan itu. Supermarket berada di lingkungan yang didominasi orang kulit hitam dan area sekitarnya umumnya merupakan pemukiman. (dw)

Berita Lainnya