sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Seorang pria ditemukan tewas, diduga karena diserang kanguru peliharaannya

Peristiwa itu dilaporkan merupakan serangan fatal pertama oleh seekor kanguru di Australia sejak 1936.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Selasa, 13 Sep 2022 15:35 WIB
Seorang pria ditemukan tewas, diduga karena diserang kanguru peliharaannya

Seorang pria berusia 77 tahun ditemukan tewas dengan "luka serius" di lahannya pada hari Minggu di daerah semi pedesaan Redmond, 400 kilometer (250 mil) tenggara ibu kota negara bagian Australia Barat, Perth.

Diduga, pria yang tewas itu menjadi korban serangan kanguru liar peliharannya, kata polisi Selasa (13/9). Peristiwa itu dilaporkan merupakan serangan fatal pertama oleh seekor kanguru di Australia sejak 1936.

Diyakini dia telah diserang pada hari sebelumnya oleh kanguru, yang ditembak polisi hingga tewas karena mencegah paramedis menjangkau pria yang terluka itu, kata polisi.

"Kanguru itu merupakan ancaman berkelanjutan bagi responden darurat," kata pernyataan itu.

Pria itu tewas di tempat. Polisi sedang mempersiapkan laporan untuk koroner yang akan mencatat penyebab resmi kematian.

Polisi yakin korban telah memelihara kanguru liar sebagai hewan peliharaan. Ada batasan hukum untuk memelihara fauna asli Australia sebagai hewan peliharaan.

Kanguru abu-abu barat biasa ditemukan di barat daya Australia. Mereka dapat memiliki berat hingga 54 kilogram (119 pon) dan tingginya 1,3 meter (4 kaki 3 inci).

Kanguru bisa menjadi agresif dan melawan orang dengan teknik yang sama seperti yang mereka gunakan satu sama lain. Mereka menggunakan anggota tubuh bagian atas yang pendek untuk bergulat dengan lawan mereka, menggunakan ekor mereka yang berotot untuk menahan berat badan mereka, lalu menyerang dengan kedua kaki belakang cakar mereka yang kuat.

Sponsored

Peristiwa kanguru menyerang manusia hingga tewas sebenarnya cukup langka. Pada tahun 1936, William Cruickshank, 38, meninggal di sebuah rumah sakit di Hillston di negara bagian New South Wales di pantai timur Australia beberapa bulan setelah dia diserang oleh seekor kanguru.

Cruickshank menderita cedera kepala yang parah termasuk patah rahang saat dia berusaha menyelamatkan dua anjingnya dari seekor kanguru besar, lapor surat kabar The Sydney Morning Herald saat itu.(hindutimes)

Berita Lainnya
×
tekid