close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi: istockphoto.com
icon caption
Ilustrasi: istockphoto.com
Dunia
Senin, 06 Februari 2023 09:38

Serangan ransomware di Eropa menargetkan VMware versi lama

Masalah ini menarik perhatian publik di Italia pada Minggu karena bertepatan dengan pemadaman internet nasional.
swipe

Badan keamanan dunia maya di Eropa, memperingatkan serangan ransomware yang mengeksploitasi bug komputer berusia 2 tahun. Hal itu disampaikan saat Italia mengalami pemadaman internet yang meluas pada Minggu (5/2) waktu setempat.

Kantor Perdana Menteri Italia mengatakan pada Minggu malam, bahwa serangan yang memengaruhi sistem komputer di negara itu melibatkan "ransomware yang sudah beredar" dalam produk yang dibuat oleh penyedia teknologi cloud VMware.

VMware adalah layanan cloud untuk pengembang perangkat lunak virtualisasi dan komputasi awan yang biasa digunakan untuk membuat mesin virtual (VM). Didirikan pada 1998, perusahaan ini merupakan bagian dari anak perusahaan Dell Technologies.

Buletin teknis pada Jumat (3/2) dari agen keamanan dunia maya Prancis mengatakan, serangan itu menargetkan hypervisor VMware ESXi, yang digunakan untuk memantau mesin virtual.

Palo Alto, VMware yang berbasis di California memperbaiki bug tersebut pada Februari 2021, tetapi pada kali ini, serangan tersebut menargetkan versi produk yang lebih lama dan belum ditambal.

Perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan Minggu, bahwa pelanggannya harus mengambil tindakan untuk menerapkan tambalan jika mereka belum melakukannya.

“Kebersihan keamanan adalah komponen kunci untuk mencegah serangan ransomware,” katanya.

Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur A.S. mengatakan pada Minggu bahwa pihaknya “bekerja dengan mitra sektor publik dan swasta untuk menilai dampak dari insiden yang dilaporkan ini dan akan memberikan bantuan jika diperlukan.”

Masalah ini menarik perhatian publik di Italia pada Minggu karena bertepatan dengan pemadaman internet nasional yang memengaruhi operator telekomunikasi Telecom Italia, yang mengganggu streaming pertandingan sepak bola Spezia vs Napoli. Tetapi tampaknya sebagian besar terselesaikan pada saat derby della Madonnina antara Inter Milan dan AC Milan. Tidak jelas apakah pemadaman itu juga terkait dengan serangan ransomware.

Artikel ini ditulis oleh :

img
Hermansah
Reporter
img
Hermansah
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan