logo alinea.id logo alinea.id

Terlibat kecelakaan, Pangeran Philip sukarela serahkan SIM ke polisi

Kecelakaan yang melibatkan Pangeran Philip terjadi pada bulan lalu, mengakibatkan seorang wanita mengalami patah lengan.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Minggu, 10 Feb 2019 16:00 WIB
Terlibat kecelakaan, Pangeran Philip sukarela serahkan SIM ke polisi

Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, 'melepaskan' Surat Izin Mengemudi-nya secara sukarela. Demikian pengumuman yang dibuat oleh Istana Buckingham pada Sabtu (9/2), setelah pria berusia 97 tahun itu terlibat dalam kecelakaan mobil yang mengakibatkan seorang pengemudi perempuan terluka.

"Setelah pertimbangan yang matang, Duke of Edinburgh mengambil keputusan untuk secara sukarela menyerahkan SIM-nya," sebut pihak Istana Buckingham. 

Polisi Norfolk mengonfirmasi kabar ini dan mengatakan SIM Pangeran Philip akan dikembalikan ke Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA).

Kepolisian Inggris merujuk investigasi terkait kecelakaan tersebut ke Crown Prosecution Service (CPS), yang tengah mempertimbangkan apakah akan mengajukan tuntutan terhadap Pangeran Philip.

Seorang juru bicara CPS menuturkan mereka akan meninjau setiap catatan dengan cermat sebelum membuat keputusan. Langkah Pangeran Philip untuk menyerahkan lisensi mengemudinya juga akan menjadi pertimbangan.

Land Rover yang dikendarai oleh Pangeran Philip bertabrakan dengan mobil lain di jalan umum di dekat Sandringham House, Norfolk, pada bulan lalu.

Sang pangeran kemudian melayangkan permintaan maaf kepada Emma Fairweather, yang menderita patah lengan akibat insiden itu. Philip menyalahkan silau yang dialaminya dan mengklaim dirinya terguncang oleh peristiwa itu.

"Saya ingin Anda tahu betapa saya sangat menyesal atas keterlibatan saya dalam kecelakaan itu," tulis Philip dalam suratnya. 

Sponsored

Setelah menerima surat dari Pangeran Philip, Fairweather mengungkapkan, "Saya cukup senang mendapati bahwa dia menulis surat itu atas nama Philip tanpa gelar resminya.

Fairweather pun menyambut baik keputusan kakek Pangeran William dan Harry tersebut untuk menyerahkan SIM-nya.

"Dia membuat keputusan yang paling masuk akal ... Hanya saja sayang dia tidak melakukannya dengan segera, tapi tetap saja itu hal yang benar untuk dilakukan," ujar Fairweather.

Kecelakaan itu membuat mobil Duke of Edinburgh terbalik, dengan seorang saksi kemudian mengatakan bahwa dia membantu mengevakuasi Pangeran Philip yang berlumur darah.

Philip menuai kritik tajam setelah dia diketahui mengemudi di jalan umum tanpa mengenakan sabuk pengaman hanya 48 jam setelah insiden tersebut terjadi.

Kecelakaan yang melibatkan Pangeran Philip mendominasi pemberitaan media Inggris, memicu debat publik apakah orang pada usia tertentu harus mengikuti tes mengemudi.

Ini bukan kali perdana aktivitas mengemudi Pangeran Philip menyita perhatian. Pada 2016, ayah empat anak ini pernah menyopiri Ratu Elizabeth serta Barack dan Michelle Obama ketika pasangan itu menyambangi Windsor.

Pangeran Philip telah mengumumkan pensiun dari tugas-tugas resmi kerajaan pada Agustus 2017. Istana Buckingham mencatat, sejak 1952, Duke of Edinburgh telah 22.219 kali tampil solo. (CNN dan BBC)