Tiba di Singapura, Kim Jong-un temui PM Singapura

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tiba di Singapura lebih dahulu dibandingkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Tiba di Singapura, Kim Jong-un temui PM Singapura Howard, berdarah Australia-Cina yang menirukan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, dan Dennis Alan, yang menirukan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, bertemu di Merlion Park, Singapura, Jumat (8/6)./ Antarafoto

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tiba di Singapura lebih dahulu dibandingkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

"Selamat datang pemimpin Kim Jong-un yang baru tiba di Singapura " kata Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dilansir Channel News Asia, Minggu (10/6).

Vivian menyambut langsung kedatangan Kim di Bandara Changi. Kim mengenakan pakaian berwarna gelap dengan mode Maoist dan memakai kaca mata hitam. Yonhap melaporkan pesawat kargo yang mengangkut keperluan Kim juga sudah berangkat dari Pyongyang dan menuju Singapura.

Setibanya di Singapura, Kim langsung bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong. 

Hal menarik selama penerbangan Kim adalah pesawatnya melalui jalur darat selama terbang di atas China. Berdasarkan situs pemantau penerbangane Flightradar24 menyatakan tidak ada pesawat sipil di dekat penerbangan Kim. 

Sebelumnya, penerbangan langsung dari Pyongyang ke Singapura pada Sabtu (10/6) mengangkut para pejabat Korut. Mereka akan bergabung dengan tim yang dipimpin penasihat Kim,Kim Chang-son yang sudah tiba terlebih dahulu.

Trumo juga tiba pada Minggu. Dia akan menginap di Hotrl Shangril-La. Bersamanya, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Otoritas keamanan Singapura memberlakukan sistem penjagaan super ketat di lokasi KTT dan hotel berbintang. Bahkan Singapura menyiapkan satu hotel khusus sebagai pengalih perhatian media terhadap Kim.


Berita Terkait