sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kantongi EUL WHO, Kemlu: Vaksin yang dipakai Indonesia penuhi standar internasional

WHO telah memberikan emergency use listing (EUL) untuk enam vaksin Covid-19.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Jumat, 11 Jun 2021 08:54 WIB
Kantongi EUL WHO, Kemlu: Vaksin yang dipakai Indonesia penuhi standar internasional

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyatakan, vaksin-vaksin Covid-19 yang dipakai di Indonesia memenuhi standar internasional. Pangkalnya, sudah mengantongi izin penggunaan darurat (emergency use listing/EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Ini tentunya menunjukkan, bahwa vaksin yang dipakai di Indonesia telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal kualitas, keamanan, dan efektivitasnya," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/6).

Per 10 Juni 2021, sudah ada enam vaksin yang mengantongi EUL WHO. Perinciannya, vaksin Pfizer, Johnson & Johnson, Moderna, AstraZeneca, Sinopharm, dan Sinovac.

Sementara itu, Indonesia hingga kini baru memakai vaksin AstraZeneca, Sinopharm, dan Sinovac untuk disuntikkan kepada penduduknya.

Sponsored

Retno melanjutkan, target vaksinasi di Indonesia sampai kini belum tercapai. Karenanya, upaya menekan laju penularan Covid-19 harus diiringi penerapan protokol kesehatan (prokes).

"Upaya (penanganan pandemi) ini akan berhasil dengan baik jika mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat. Setiap dari kita dan kita semua dapat menjadi bagian dari solusi. Mari kita sukseskan vaksinasi Covid-19 dan kita tetap terapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB
Berita Lainnya