sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

WHO: Covid-19 akan selesai, kalau dunia memilih untuk mengakhirinya

Akses terhadap vaksin ke seluruh dunia diharapkan dapat terwujud untuk menghentikan laju penyebaran pandemi.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 25 Okt 2021 08:27 WIB
WHO:  Covid-19 akan selesai, kalau dunia memilih untuk mengakhirinya

Pandemi virus corona akan berakhir ketika semua negara mulai menggunakan alat kesehatan yang tersedia secara efektif, kata Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Pandemi akan berakhir ketika dunia memilih untuk mengakhirinya. Itu ada di tangan kita. Kita memiliki semua alat yang kita butuhkan: alat kesehatan masyarakat yang efektif dan alat medis yang efektif. Tetapi dunia belum menggunakan alat itu dengan baik. Dengan hampir 50 ribu kematian seminggu, pandemi masih jauh dari selesai," kata Dr. Tedros, dalam pidatonya di World Health Summit di Berlin, Minggu.

Kepala WHO meminta negara-negara G20 yang telah memvaksinasi 40 persen populasi mereka untuk secara aktif terlibat dalam mekanisme COVID-19 Vaccines Global Access (COVAX), serta African Vaccine Acquisition Trust (AVAT).

Pada hari Minggu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gutteres meminta negara-negara G20 untuk membantu mengumpulkan US$8 miliar untuk memastikan distribusi vaksin COVID-19 yang adil di seluruh dunia.

Sponsored

Berbicara di KTT Kesehatan Dunia di Berlin, Gutteres mengatakan bahwa pada awal Oktober, ia bergabung dengan kepala WHO untuk meluncurkan strategi global untuk vaksinasi COVID-19, yang menyarankan rencana yang kredibel dan hemat biaya untuk memberikan vaksin kepada 40 persen orang di semua negara pada akhir tahun ini dan 70 persen pada pertengahan 2022.(Sputnik)

Berita Lainnya