sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

15 sayuran terbaik untuk diet diabetes

Penderita diabetes harus menghindari sayuran yang memiliki kandungan gula atau kalori tinggi.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Rabu, 07 Okt 2020 18:13 WIB
15 sayuran terbaik untuk diet diabetes
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Diabetes menjadi kondisi umum dan kronis yang memengaruhi lebih dari sepertiga populasi dunia. Hal ini dapat diketahui melalui gaya hidup seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun pengobatan dapat memberikan hasil yang lebih baik, tetapi hal itu memerlukan pola makan yang baik untuk meningkatkan kualitas hidup.

Diet berperan penting dalam mengontrol glukosa dan mengelola gejala diabetes secara luas. Tetapi diet menjadi hal yang cukup sulit dilakukan untuk para penderita diabetes, terutama memilih sayur apa yang cocok dan aman bagi mereka.

Penderita diabetes harus menghindari sayuran yang memiliki kandungan gula atau kalori tinggi. Ada seperangkat sayuran yang dapat dikonsumsi penderita diabetes dengan aman karena kandungan seratnya yang tinggi dan indeks glikemik yang rendah. Berikut beberapa sayuran terbaik untuk penderita diabetes.

1. Brokoli 

Brokoli paling cocok untuk penderita diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi dan rendah kalori. Kaya vitamin A dan C. Brokoli juga mengandung senyawa kaya sulfur yang disebut sulforaphane yang dapat membantu mengatur kadar gula darah tubuh.

2. Wortel

Wortel mengandung antioksidan yang disebut beta-karoten yang membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Ini juga mengandung vitamin A yang meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

3. Kubis

Sponsored

Kubis adalah cara terbaik untuk menambahkan vitamin A dan K ke dalam diet diabetes. Ini juga merupakan sumber yang kaya mangan, serat dan vitamin B6. Kubis membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan memastikan berfungsinya pankreas. Pankreas melepaskan enzim vital yang disebut insulin yang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

4. Mentimun

Mentimun adalah pilihan rendah karbohidrat bagi penderita diabetes. Ini membantu mengawasi kenaikan kadar gula darah. Mentimun adalah sumber vitamin K bersama dengan kalium dan vitamin C.

5. Tomat

Tomat adalah makanan super lain untuk diabetes. Dikemas dengan vitamin C dan merupakan sumber yang baik untuk vitamin A, kalium dan serat. Seorang penderita diabetes harus memasukkan tomat dalam diet diabetes hariannya.

6. Bit

Bit kaya akan kalium dan vitamin C. Bit terbukti menjadi sayuran yang bagus untuk penderita diabetes karena dapat membantu menjaga tingkat energi dan mengurangi kelelahan yang berhubungan dengan diabetes. Bit juga mampu mengatur kadar gula darah serta tekanan darah dalam tubuh. Satu gelas jus bit dapat menurunkan tekanan darah sistolik hampir 5 poin.

7. Pare 

Pare dikenal juga sebagai karela yang mengandung Polypeptide-p yang membantu menurunkan kadar glukosa secara alami. Jus yang terbuat dari pare menjadi minuman yang sangat baik untuk penderita diabetes.

8. Ubi

Ubi jalar mengandung antosianin yang memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah dalam darah. Ia juga kaya akan senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang menjadikannya makanan yang luar biasa bagi penderita diabetes.

9. Bayam

Daun hijau ini juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes, karena kaya akan magnesium, folat, dan kalium yang dapat membantu mengendalikan diabetes. Sayuran hijau ini dikenal efektif mengurangi risiko diabetes. Orang yang makan bayam setiap hari memiliki risiko diabetes 20% lebih rendah.

10. Brinjal 

Brinjal atau yang biasa kita kenal sebagai terong adalah sayuran rendah karbohidrat dan rendah kalori untuk penderita diabetes. Dapat menghambat kenaikan kadar gula darah dengan mengatur produksi insulin. Brinjal juga tidak bertepung dan baik untuk penderita diabetes. 

11.Bawang Bombay

Bawang bombay baik untuk penderita diabetes atau pradiabetes. Ini membantu menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Bawang dikenal dapat menurunkan kadar gula darah puasa dalam waktu yang sangat singkat.

12. Asparagus 

Asparagus adalah makanan brilian yang meningkatkan fungsi pankreas dan ginjal. Selain itu, asparagus juga dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, sehingga mengontrol kadar glukosa dalam darah.

13. Bawang putih 

Bawang putih adalah salah satu makanan tersehat untuk mencegah diabetes. Ini karena komposisi nutrisi bawang putih yang mengagumkan yang membantu mengatur tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Ini adalah makanan yang harus dimiliki oleh penderita diabetes.

14. Artichoke 

Artichoke merupakan tanaman umbi yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam waktu 30 menit setelah dikonsumsi. Nutrisi utama dalam artichoke adalah serat yang baik untuk mengatasi diabetes. 

15. Kale 

Kale kaya akan zat besi, kalium, dan vitamin esensial B6 dan K. Mereka rendah kalori dan tinggi antioksidan. Kale seperti sayuran berdaun hijau lainnya. Kale merupakan makanan yang sangat baik yang dapat membantu melawan diabetes.

 

Sumber: boldsky.com
 

Berita Lainnya