sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aplikasi stok barang dan manfaatnya bagi perusahaan

Melakukan semuanya dengan manual bisa memperlambat bisnis dan juga bisa membuat kesalahan karena human error.

Tim copywriter
Tim copywriter Kamis, 02 Sep 2021 10:08 WIB
Aplikasi stok barang dan manfaatnya bagi perusahaan

Apakah Anda menggunakan banyak akun penjualan untuk memasarkan produk dan juga memproses pesanan anda? Juga melakukan semuanya dengan manual?

Sadar atau tidak, hal ini bisa memperlambat bisnis dan juga bisa membuat kesalahan karena human error. Selain itu, akan berdampak terhadap ketidakpuasan pelanggan dan reputasi yang tidak baik, sehingga berisiko bagi usaha Anda. Maka dari itu, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan software atau aplikasi stok barang sehingga bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan lebih akurat.

Aplikasi Stok Barang juga bisa dikatakan sebuah komponen yang memengaruhi berjalannya roda perusahaan usaha dengan mengatur ketersediaan barang. Dengan menggunakan aplikasi stok barang ini, keuangan dan juga komponen lainnya bisa dilakukan dengan tepat, dan juga bisa membuat perusahaan yang dikelola jadi tambah besar.

Sebaliknya, misalnya pengelolaan stok tidak dilakukan dengan profesional, Anda juga harus siap menghadapi kerugian. Dan apabila hal ini berlangsung dengan konsisten dan terus menerus, bukan tidak mungkin usaha yang Anda miliki bisa gulung tikar atau bangkrut. Untuk menghindari hal ini bisa terjadi, maka Anda diharapkan untuk mengantisipasi dengan menggunakan aplikasi stok barang ini.

Dan juga, Anda harus melakukan banyak perbaikan dalam perusahaan maupun bisnis. Misalnya, kalau Anda lihat dari sisi pengelolaan stok maupun persediaan barang. Pencatatan barang dan sebagainya, kalau Anda melakukan hal ini dengan cara manual, Anda akan menemukan banyak kelemahan. Dan dalam membantu Anda melakukan hal ini, kini sudah ada solusi mudah yang akan membantu Anda melakukan inventaris barang perusahaan dengan menggunakan aplikasi stok barang.

Keunggulan aplikasi stok barang

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari aplikasi stok barang yang bisa Anda ketahui untuk memudahkan pengelolaan bisnis Anda:

Pengaturan saldo

Sponsored

Keuntungan yang pertama dari pemakaian software ini adalah untuk mendukung memudahkan pengaturan saldo. Di dalam aplikasi ini dapat tersedia fitur khusus yang isinya adalah rekapan atau laporan dari keuangan perusahaan.

Sehingga, pengaturan saldo menjadi lebih mudah. Misalnya untuk memastikan stok atau jumlah barang dan sebagainya jadi lebih teratur jadi Anda tidak harus khawatir kekurangan saldo dan sebagainya. Hal ini dapat membuat keuangan perusahaan jadi lebih sehat.

Laporan akurat

Menggunakan software yang mengelola stok secara otomatis juga bisa memudahkan Anda untuk jalankan rekapan atau pembukuan secara berkala. Kenapa? karena biasanya, aplikasi ini sudah terintegrasi secara otomatis dengan pencatatan laporan keuangan.

Dengan kata lain, misalnya adanya pemasukkan atau pengeluaran barang, dapat segera terdeteksi ke dalam laporan sehingga stok dapat otomatis untuk di update. Anda juga tidak diharuskan untuk melakukan update secara manual dan juga membuang waktu Anda. laporan yang ada juga bisa menjadi lebih akurat dan juga rapi.

Pengelolaan lebih efektif

Keuntungan pemakaian aplikasi stok barang adalah bisa membuat pengelolaan perusahaan jadi lebih efektif. Sistem digital sebetulnya bisa membuat perusahaan untuk mengerjakan banyak hal dengan lebih cepat bila dibandingkan dengan proses yang manual.

Hal ini juga bisa menjadikan proses kerja perusahaan tambah cepat dan juga efisien. Misalnya, untuk membuahkan laporan terakhir tidak harus tunggu jangka satu sampai dua minggu. Hanya didalam setengah waktu yang biasanya dibutuhkan dikarenakan semuanya sudah berubah dengan otomatis. Dan waktu yang tersisa bisa Anda gunakan untuk hal yang lainnya.

Pemantauan stok lebih mudah

Benefit lain yang akan dapat Anda nikmati Ketika menggunakan aplikasi stok barang adalah Anda menjadi lebih mudah ketika memantau stok barang. Biasanya, di dalam software terkandung fitur khusus yang isinya adalah data masuknya suatu barang.

Artinya, stok barang mampu dipantau dengan otomatis. Dengan begitu, bisa dihindari kesalahan penghitungan sehingga tiap tiap pelanggan mampu mendapatkan produk yang mereka pesan dengan cepat.

Perusahaan lebih sehat

Tahu nggak sih, kalau stok adalah kunci dari penjualan suatu perusahaan. Jika tidak dikelola secara profesional, usaha yang Anda mempunyai dapat bangkrut. Kenapa? Ini dikarenakan stok yang ada bisa dikatakan sebagai nyawa dari perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, misalnya perusahaan yang bergerak dalam bidang elektronik, food and beverage sampai ecommerce.

Meningkatkan produktivitas dalam bisnis

Stok bisa dikatakan sebagai aset yang berharga bagi perusahaan Anda, dan dengan melindungi stok Anda, berarti Anda mampu melindungi uang dalam bisnis Anda yang tersedia terhadap nilai inventory Anda. Anda tidak boleh menyia-nyiakan nilai uang tersebut. Anda tentu saja juga menginginkan efisiensi di dalam pengelolaan tingkat stok sehingga usaha Anda mampu jadi arus kas yang positif.

Hal ini tentu saja juga bisa digunakan untuk mendukung guna membuat ketentuan pembelian yang lebih cerdas untuk kedepannya atau bisa saja Anda apalagi mampu memprediksikan tren bagi usaha Anda untuk tahap selanjutnya.

Apakah Anda harus mampu mengelola produk dengan bermacam tanggal kedaluwarsa? Hal ini perlu Anda perhatikan termasuk juga bila bidang Anda bergerak terhadap industri kesehatan, kecantikan dan farmasi.

Lalu, bagaimana dengan mengelola varian produk multi-matriks? Atau menanggulangi unit pengukuran yang rumit? Semua ini tentu saja mampu Anda capai, mampu Anda kelola dengan baik, dengan aplikasi stok barang.

Oleh karena hal itu, dengan menyederhanakan tugas-tugas manual sehari-hari yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, aplikasi stok barang ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda, sehingga Anda juga bisa menambah produktivitas dan efisiensi sambil berfokus memaksimalkan pertumbuhan usaha Anda.

Dinilai mampu meminimalkan biaya operasional dan mengoptimalkan profitabilitas usaha

Kontrol terhadap inventaris terhitung perlu kecuali Anda menginginkan untuk meminimalkan ongkos penyimpanan stok. Mengapa? Ini dikarenakan kalau anda menyimpan stok dengan menyewa Gudang sangatlah mahal. Ada Biaya penyimpanan, asuransi, dan juga pajak, pencurian, bencana alam, serta faktor-faktor lainnya yang bisa menguras penghasilan Anda.

Selain itu, kalau Anda bisa untuk melakukan operasi usaha dengan otomatis , aplikasi stok barang ini dapat bekerja dengan dan secara akurat memenuhi tugas-tugas layaknya mengelola tingkat stok, memperbarui daftar stok di seluruh saluran penjualan Anda dan memproses pesanan, yang terdapat pada akhirnya dapat kurangi ongkos secara keseluruhan dan memaksimalkan tingkat profitabilitas perusahaan Anda.

Aplikasi stok barang mampu mengintegrasikan seluruh bisnis Anda

Pertama, fitur user management yang tersedia di dalam aplikasi stok barang bisa membantu Anda dalam hal membuat akun pengguna dengan mudah untuk tiap tiap staf di perusahaan Anda dan departemen yang berbeda-beda pula seperti: manajemen, penjualan, pembelian, dan yang lainnya.

Kedua, manfaat tasks plus notes yang tersedia bisa Anda gunakan untuk kolaborasi pada anggota tim Anda. Staf Anda bisa saling berbagi Info dengan lancar kepada para pelanggan, pemasok (supplier), dan juga yang lainnya. Dengan cara ini, seluruh orang yang ada di perusahaan Anda memiliki akses penuh kepada setiap pesanan sampai terpenuhi dan sampai ke tangan pelanggan.

Dan juga, tim operasional Anda juga bisa membuat pengiriman dan juga pengemasan seluruh barang yang ada cocok dengan jumlah pesanan yang belum anda kirimkan ke pelanggan.

Saat pengiriman pesanan tengah berjalan, mereka terhitung mampu membuat daftar pengambilan dan pengepakan ke tim gudang untuk dikirim. Dan Ketika pesanan yang Anda kirim sudah diterima oleh pelanggan Anda, mereka juga bisa melakukan konfirmasi di aplikasi stok barang dengan status sudah terkirim.

Dan juga, akuntan Anda mampu dengan mudah menyaring pesanan penjualan berdasarkan status pengiriman mereka, dan juga bisa menandai pesanan yang sudah dikirimkan dan diterima oleh pelanggan.

Semua pencatatan juga bisa dengan mudah tercatat dengan baik dan juga jelas kalau Anda menggunakan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi stok barang juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi kasir yang Anda miliki, untuk mempermudah proses transaksi Anda. Contohnya, kecuali pelanggan memesan menu ke-2 proses yang sudah terintegrasi berikut mampu mencocokan apakah bahan baku yang dibutuhkan masih tersedia untuk membuat menu yang dipesan. Sehingga pelanggan tidak dapat kecewa sehabis tunggu ternyata menu yang dipesan sudah habis.

Memungkinkan pencatatan data transaksi secara otomatis

Tidak usah memasukkan data dengan manual, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengotomatiskan tugas mendata data transaksi ini untuk Anda.

Apakah Anda juga sering meninggalkan kantor ataupun toko dan Anda diharuskan untuk mengelola usaha Anda dari jarak jauh? Sistem atau perangkat lunak ini bisa Anda gunakan dengan mengirim e mail dan pesanan penjualan segera ketika Anda tengah bepergian.

Aplikasi stok barang mampu mendeteksi kemungkinan overselling

Dengan aplikasi stok barang ini, jumlah stok Anda yang tersedia bisa dengan mudah Anda sesuaikan tiap tiap kali Anda menjalankan penjualan dan bisa otomatis Anda sinkronkan juga catatan yang ada dengan seluruh jalan untuk penjualan Anda seperti toko online, situs, maupun yang lainnya yang bisa danda deteksi adanya overselling.

Memegang kendali atas kuantitas persediaan barang

Memiliki stok yang terlalu sedikit bisa membuat anda kehabisan persediaan, dan berpotensi memiliki pelanggan yang tidak puas dan anda juga bisa kehilangan penjualan.

Kalau anda juga memiliki stok yang berlebih, anda juga bisa menghabiskan ruang Gudang dan akan menghabiskan pendapatan yang tidak diperlukan. Baik kekurangan maupun kelebihan stok, semuanya tidak memberikan efek yang baik bagi keuangan bisnis anda.

Untungnya, dengan proses manajemen stok, Anda mampu mencari tingkat persediaan yang rendah serta sesuaikan pemesanan kembali secara otomatis untuk tiap tiap produk, yang secara tidak langsung, dapat menjauhi terjadinya kehabisan stok.

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan re-order (pemesanan ulang), selagi menganalisis pola permintaan produk, untuk kurangi dampak adanya pemesanan stok yang lebih banyak dari seharusnya.

Aplikasi stok barang menghadirkan solusi all-in-one untuk operasional bisnis

Seperti yang sudah dibahas di dalam poin di atas, aplikasi stok barang juga termasuk manajemen pengiriman, manajemen pencatatan dan manajemen pemesanan, yang secara khusus dapat menyederhanakan seluruh proses penjualan, dari daftar produk dan juga prosesnya dimulai dari pemenuhan pesanan, sampai dengan mencetak faktur serta menandai seluruh pesanan yang dikirimkan.

Buat pelanggan Anda bahagia

Selain meringankan seluruh beban operasional dan memudahkan perusahaan, apakah proses ini mampu terhitung membuat pelanggan lebih puas dan senang?

Kalau Anda bisa lebih cepat dalam hal memproses pemesanan dan pengiriman, tentu saja pelanggan Anda dapat jadi lebih puas.

Melihat keuntungan yang telah dijabarkan Anda pasti berpikir kalau harga dari aplikasi ini mahal. Namun jangan khawatir, karena sekarang juga tersedia banyak aplikasi stok barang yang terjangkau, salah satunya adalah Jurnal.

Jadi, tunggu apa lagi! Segera dapatkan aplikasi stok barang yang cocok untuk usaha Anda!

Berita Lainnya
×
tekid