sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Miliarder ajarkan anaknya bahasa mandarin

Bahasa mandarin diyakini akan menjadi bahasa dunia, sebab China diperkirakan akan menjadi pusat bisnis dunia

Mona Tobing
Mona Tobing Jumat, 10 Nov 2017 14:02 WIB
Miliarder ajarkan anaknya bahasa mandarin

Sejak duduk di bangku sekolah, mempelajari bahasa asing telah menjadi kewajiban. Tapi tahukah kamu, bahwa sejumlah miliader dunia mengharuskan anak-anaknya untuk belajar bahasa kedua di luar bahasa ibu. 

Belajar bahasa kedua membawa sejumlah manfaat tidak hanya dari segi pengetahuan. Namun rupanya memiliki manfaat ganda. Misalnya: manfaat kognitif, kesehatan dan pendidikan. 

Manfaat tersebut bisa memperbaiki perkembangan otak, melindungi diri dari demensia dan membantu orang lebih fokus. Manfaat inilah yang kemudian disadari sejumlah miliader untuk mendorong anak-anak mereka mempelajari bahasa mandarin. 

Belajar bahasa China dinilai memiliki keunikan. Sebagai bahasa asli dari negara dengan jumlah penduduk terbesar dunia, bahasa mandarin dinilai bakal menjadi bahasa masa depan. 

China sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia, plus dinilai  menjadi pusat bisnis. Lalu siapa saja miliader yang mendorong anak-anak mereka pandai berbahasa mandarin? 

1. Jeff dan MacKenzie Bazos 

Pendiri Amazon dan sang istri memiliki empat anak dikenal kerap mendidik anak-anak mereka dengan berbagai macam gaya unik. MacKenzie kepada Majalah Vogue yang dikutip Bussiness Insider mengatakan punya cara baru untuk mendidik anak-anaknya. 

"Misalnya perjalanan di luar musim, percobaan sains dapur, memelihara ayam, belajar bahasa mandarin. Hingga mengikut anak-anak dalam klub olahraga. Dari segi pendidikan, pelajaran matematika juga tidak ketinggalan," tukas MacKenzie. 

Sponsored

2. Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan 

CEO Facebook Mark Zuckerberg telah mengambil kursus bahasa mandari sejak beberapa tahun terakhir ini. Kini Zuckerberg mampu melakukan sesi tanya jawab 30 menit dalam bahasa tersebut. 

Sang istri telah menjadi guru bagi Zuckerberg. Seperti diketahui Chan adalah putri pengungsi China yang kemudian melarikan diri dari Vietnam. 

Nah, anak semata wayang mereka Max mulai diperkenalkan bahasa mandarin sejak kecil. Bahkan Zuckerberg kerap mengupload video sang anak yang sedang mengajari Max berbicara bahasa Mandarin. 

3. Ivanka Trump dan Jared Kushner 

Putri Presiden Donald Trump memiliki tiga anak dan amat perhatian akan pendidikan anak mereka. Ivanka bahkan mempekerjakan seorang pengasuh yang mahir berbahasa China untuk mengajarkan anak-anak mereka berbahasa China. 

Anak pertama mereka, Arabella yang berusia lima tahun sempat bernyanyi Selamat Tahun Baru dalam bahasa China pada awal tahun 2017. 

4. Pangeran William dan Kate Middleton 

Pasangan kerajaan ini memiliki dua anak yang telah bersekolah. Prince George yang berusia empat tahun memulai hari sekolah pertamanya di Thomas Battersea di London telah belajar bahasa Mandarin. Pangeran Willliam bahkan berharap bisa melewatkan hari tahun baru di China.

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid