sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Everything is free, kuasai bahasa asing di internet

Belajar bahasa asing perlu diperhatikan soal kebiasaan. terbiasa membaca hal penting dan krusial dalam penguasaan bahasa asing. 

Silvia Ng
Silvia Ng Kamis, 07 Okt 2021 13:06 WIB
Everything is free, kuasai bahasa asing di internet

Digitalisasi memberikan berbagai manfaat baik, salah satunya adalah ketersediaan informasi yang cukup di internet. Tak hanya informasi, internet dapat digunakan untuk mempelajari dan mendalami bahasa asing dengan mudahnya.

Pendiri School of Life, Ririh Dirja, mengatakan, di era digital ini banyak sekali cara-cara yang dapat digunakan untuk belajar bahasa asing secara daring dan mandiri. Misalnya, memanfaatkan fitur Google Translate dan berbagai aplikasi bahasa asing di gawai.

"Jadi sekarang di era digital ini, everything is free, you can learn dari YouTube atau mungkin juga aplikasi-aplikasi yang dapat dipakai," katanya dalam webinar Katadata, Kamis (7/10).

Ririh menyebutkan, dalam belajar menguasai bahasa asing perlu diperhatikan soal kebiasaan. Kebiasaan membaca adalah hal penting dan krusial dalam penguasaan bahasa asing. 

Selain itu, mendengarkan lagu atau film berbahasa asing juga turut membantu seseorang dalam belajar bahasa tersebut.

Hingga saat ini, masyarakat Indonesia masih belum fasih dalam berbahasa Inggris. Ririh menjelaskan, hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia memiliki pola pikir yang beranggapan bahwa bahasa Inggris adalah mata pelajaran, bukan alat komunikasi. 

Oleh sebab itu, tak heran, berlatih berbicara menggunakan bahasa Inggris cukup sulit dilakukan, kecuali orang tersebut tinggal di lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi utama.

"Jadi memang pola pikir kita harus diubah, harus menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi, bukan hanya mata pelajaran," ungkapnya.

Sponsored

Menurutnya, banyak sekali masyarakat yang mengejek seseorang yang menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Padahal, fungsi bahasa adalah survival kits atau alat bertahan hidup di era modern ini.

Jadi, lanjut Ririh, kata-kata orang lain yang terkesan mengejek lebih baik untuk tidak dipikirkan. Karena, membangun kepercayaan diri itu hal yang sulit.

Hal yang terpenting, menurutnya, adalah harus berani berbicara dengan bahasa yang ingin dikuasai, kemudian juga dapat mencari teman yang dapat memotivasi kita untuk menggunakan bahasa tersebut.

"Karena kalau tidak dimulai dari sekarang, nanti bahasa Inggris akan tetap menjadi bahasa asing, bukan bahasa kedua," jelasya.

Berita Lainnya
×
tekid